Mobil Mungil Terlaris dan Terpuruk Saat Ini

Test Drive Honda Brio
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi

VIVAnews - Honda Brio terbilang cukup agresif menebar ancaman bagi pemain lama di segmen citycar. Baru satu bulan diluncurkan, Brio sudah memimpin klasemen penjualan di kelasnya dengan angka 1.062 unit, Agustus lalu.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Brio berhasil menyingkirkan March pada penjualan bulan lalu. March hanya mampu mencatatkan penjualan 347 unit. Meski begitu, mobil kompak Nissan ini tetap memimpin penjualan sepanjang Januari-Agustus yakni 6.152 unit.

Lesunya penjualan juga dialami All New Picanto. Mobil paling laris dari KIA ini berhasil terjual 450 unit, sedangkan total penjualan sepanjang tahun ini mencapai 4.918 unit.

Kenaikan penjualan justru terjadi pada Suzuki Splash. Mobil racikan produsen berlambang 'S' ini mampu terserap pasar 793 unit, naik ketimbang bulan sebelumnya yakni 662 unit. Sedangkan total penjualannya dari Januari hingga Agustus sebesar 4.616 unit.

Tren kenaikan penjualan ikut dirasakan Daihatsu Sirion dalam kurun dua bulan terakhir ini. Diketahui pada bulan Mei dan Juni, Sirion hanya bisa terjual 203 unit dan 322 unit. Angka itu meningkat di July (756 unit) dan Agustus (607 unit).

Citycar lain yang cukup jadi incaran konsumen masih berasal dari racikan Suzuki, yakni Karimun Estilo. Mobil ini membukukan penjualan 931 unit di bulan lalu, dengan total 3.143 unit.

Lalu apa saja mobil mungil yang sepi peminat di Agustus lalu?

Chevrolet Spark (15 unit), Smart (26 unit), Geely LC (23 unit), Proton Savy (5 unit), Hyundai i10 (penjualan kosong), Chery QQ (penjualan kosong), Proton Neo (penjualan kosong).   

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024