Mobil Pilihan Wartawan Otomotif Tahun Ini

Test Drive Honda Brio
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi

VIVAnews - Honda Brio berhasil menyabet gelar Forwot Car of the Year 2012 mengalahkan kandidat lain All New Ford Focus, Suzuki Ertiga, Toyota Camry, dan Mazda CX-5. Hatchback murah yang dipasarkan di Indonesia sejak Agustus ini mengumpulkan 159 poin.

Honda Brio meraih nilai tertinggi dalam sebuah proses penjurian yang melibatkan 25 wartawan senior dari berbagai media massa nasional. Nilai itu hanya selisih 6 point dari Suzuki Ertiga yang menempati posisi kedua. Sementara di posisi ketiga hingga kelima diraih All-new Ford Focus (119 point), New Toyota Camry (113 point), dan New Mazda CX-5 (81 point).

Pengumuman pemenang berlangsung di sela-sela Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu, 26 September 2012.

Syakur Usman, Ketua Pelaksana FCY 2012, mengatakan kemenangan Honda Brio dihasilkan dari sebuah proses penjurian yang profesional dan bertanggung jawab."Honda Brio berhasil terpilih sebagai mobil terbaik dalam sebuah polling dan penilaian ketat dari para wartawan yang selama ini membidangi industri otomotif," kata dia.

Anugerah yang diberikan Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forfwot) ini merupakan event pemilihan mobil terbaik yang berbeda dari even serupa di tanah air. Even independen ini hanya memilih satu mobil terbaik dari semua kategori mobil.

Karena itu penjurian mengadopsi Car of the Year dari Car of the Year Committee atau www.caroftheyear.org. Kegiatan pemilihan mobil terbaik oleh 55 wartawan otomotif di benua Eropa ini sudah berlangsung sejak 1982.

Untuk Forwot Car of the Year, sebanyak 25 wartawan otomotif dari media nasional menjadi dewan juri. Ke-25 dewan juri ini bekerja keras memilih 5 finalis FCY 2012 dari 41 mobil baru yang dipasarkan di Indonesia sejak Januari hingga pelaksanaan IIMS.

Setelah 5 finalis didapat, setiap juri kemudian memilih tiga mobil terbaik berdasarkan pertimbangan profesional mereka sebagai wartawan otomotif. Pemilihan ini ditentukan dari point yang diberikan juri. Setiap juri mendapat bekal 25 point yang harus dihabiskan untuk memilih 3 mobil terbaik dari 5 finalis FCY 2012. Pemenang adalah mobil yang meraih point tertinggi.

Ada pun kriteria penjurian adalah Design, Comfort, Safety, Economy, Handling, Performance, Functionality, Enviromental Requirement, Driver Satisfaction, dan Price. Selain itu tentu saja preferensi yang tinggi dari para anggota dewan juri terhadap mobil berdasarkan liputannya, seperti perkenalan produk, media test drive, dan lain-lain. (eh)

Man Utd Dapat Rejeki Nomplok Usai Dortmund Picu Klausul Jadon Sancho, Cuan Besar Menanti
Lokasi kebakaran toko frame di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan

Janji Korban Kebakaran Toko Frame Mampang Jaksel: Tanggal 20 Mau Pulang, Malah Pulang Selamanya

Kebakaran yang melanda toko frame, bernama Saudara Frame, menyebabkan 7 korban jiwa meninggal dunia seketika di lokasi. Api melahap dengan cepat ke seluruh toko 4 lantai.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024