Tanpa Regulasi, Harga Ayla di Atas Rp100 Juta

Mobil City Car di IIMS 2012
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Daihatsu Astra Motor (ADM) tidak mau mengecewakan konsumennya yang sudah antre memesan mobil murah Ayla.

Mereka pun mengambil keputusan untuk tetap menjual Ayla ke pasar, meski peraturan pemerintah soal mobil murah ramah lingkungan atau low cost green car (LCGC) tak kunjung diterbitkan.

Direktur Marketing ADM, Amelia Tjandra mengatakan jika nanti Ayla terlahir sebagai mobil biasa dan bukan bagian dari program LCGC, maka akan ada kenaikan harga dari rencana awal yang sudah disiapkan Daihatsu.

"Kemungkinan harga akan naik 10 persen dari rencana awal kami. 10 persen itu karena memang kena pajak PPNBM," kata Amelia.
 
Diketahui, rencana awal Daihatsu akan menjual Ayla dengan kisaran harga Rp75 juta untuk varian paling rendah, dan varian paling tinggi ada di kisaran Rp100 jutaan. Dengan kenaikan 10 persen, bila harga jual Rp100 juta, maka menjadi Rp110 juta.

ADM akan mulai memproduksi Ayla pada Januari 2013 di kawasan industri Suryacipta, Karawang Timur, Jawa Barat, dengan total kapasitas produksi 100.000 unit per tahun---termasuk Agya dan Xenia-Avanza.

"Kita telah siap saat ini, lokalisasi komponennya mencapai 84 persen lokal sedangkan sisanya impor," ujar Amelia menambahkan.

Ayla mengusung mesin 3 silinder 1.000 cc 1KR-DE yang mampu menghasilkan tenaga hingga 65 Ps pada 6.000 rpm, dengan torsi maksimum 8,7 kgm pada 3.600 rpm. (sj)

Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow
Sandra Dewi dan Suaminya, Harvey Moeis

Wawancara Lawasnya Jadi Sorotan, Sandra Dewi Ogah Disebut Hidup Bak di Negeri Dongeng

Kehidupan pribadi Sandra Dewi mendadak jadi sorotan pasca penetapan status tersangka suaminya, Harvey Moeis oleh Kejaksaan Agung.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024