Kisah Sukses Suzuki Ertiga di India

Pesta Mobil Suzuki Ertiga 2012
Sumber :
  • VIVAlife/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Suzuki Ertiga berhasil menggoyang pangsa pasar para kompetitor, yang telah lebih lama bermain di segmen MPV. Meski baru diluncurkan kurang dari satu tahun, mobil ini sudah masuk jajaran MPV terlaris di Tanah Air.

Tak heran, Ertiga jadi ladang baru keuntungan Suzuki. Tidak hanya di Indonesia, Suzuki India (Maruti) merasakan betul manisnya kesuksesan yang diraih Ertiga sebagai kontributor utama.

Dilaporkan Inautonews, Senin 28 Januari 2013, keuntungan tiga bulanan (Oktober-Desember 2012) perusahaan tersebut naik dua kali lipat lebih, dibanding dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya, atau tertinggi dalam 18 bulan terakhir.

Maruti Suzuki sempat terpuruk akibat kerusuhan di pabriknya pada tahun lalu. Tapi pada kuartal terakhir tahun lalu, keuntungannya melesat 144 persen menjadi 5,01 miliar rupee (Rp897 miliar) dari 2,05 miliar rupee (Rp366 miliar).

Mereka mengaku keuntungan bersih bertambah karena lonjakkan penjualan terhadap model baru, seperti Ertiga dan Alto--yang kini menjadi mobil terlaris di India.

Melihat hasil didapatkannya, pabrikan Jepang itu berencana menginvestasikan dana 17 miliar rupee untuk mendirikan pabrik diesel baru, yang rencananya bakal diresmikan pada 2014 mendatang.

Pabrik baru yang dibangun di New Delhi memiliki kapasitas produksi mencapai 300 ribu mesin per tahun. (eh)

Kupas Tuntas Starlink, Satelit Elon Musk yang Siap 'Menerangi' IKN
VIVA Militer: Tentara Israel geruduk Rumah Sakit al-Shifa Gaza

520 Warga Palestina Tewas, Terluka dan Hilang di Jalur Gaza dalam Waktu Seminggu

Operasi tentara Israel di kamp pengungsi Nuseirat di Gaza tengah telah mengakibatkan 520 orang tewas, terluka dan hilang dalam waktu seminggu, kata kantor media Gaza.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024