Penjualan Mazda Anjlok, KIA dan Ford Berkibar

33rd Bangkok International Motor Show
Sumber :
  • REUTERS/ Chaiwat Subprasom
VIVAnews
Surya Paloh: Hak Angket Sudah tidak Up to Date Lagi Untuk Kondisional Hari Ini
– Produsen mobil asal Korea Selatan, KIA terbilang sukses menandingi dominasi merek Jepang di pasar mobil Indonesia. Bulan pertama 2013, mereka masuk jajaran 10 besar merek penjualan mobil nasional.

Airlangga Tegaskan Tak Hanya Rupiah yang Melemah, Won hingga Bath Juga Ambruk

Sejak November 2012, KIA memang sudah mampu menggeser beberapa perusahaan lain seperti Ford dan Mazda. Hasil positif itu berlanjut di bulan lalu. Di mana mereka masih bercokol di posisi 10 dengan torehan penjualan 1.111 unit atau satu tingkat di bawah Ford (1.393 unit).
Jaga Amanah Orang Tua, Ruben Onsu Sayangkan Sikap Jordi Onsu Malah Bikin Tambah Ribut


KIA masih mengandalkan penjualan citycar racikannya, yaitu Picanto. Mobil lima penumpang itu membukukan penjualan sebesar 629 unit, disusul KIA All New Rio sebanyak 238 unit, Sportage (80 unit), dan armada taksi 150 unit.


Adapun penjualan Ford disokong mobil pikap double kabin, Ranger yang terjual 1.037 unit. Kemudian disusul model
hatchback
Fiesta dengan jumlah 234 unit.


Mazda Terpuruk


Mazda mengawali 2013 dengan kurang catatan penjualan kurang memuaskan. Mazda yang biasanya menjual mobil lebih dari 500 unit, pada Januari lalu mampu menjual kurang dari 207 unit.


Alhasil, Mazda harus terlempar dari daftar 10 besar merek penjualan mobil nasional. Adapun penjualan Mazda didukung CX-9 (25 unit), CX-5 (82 unit), Mazda2 (70 unit), BT-50 (4 unit) serta Biante 2 unit.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya