Honda Beri Sinyal Jual Jazz Hybrid ke Indonesia

Honda Jazz Hybrid
Sumber :
  • Autoevolution/Honda
VIVAnews
4 Tanda Zodiak Paling Sederhana dan Humble, Apakah Kamu Termasuk dalam Daftar Ini?
- Beberapa tahun belakangan ini produsen otomotif ditantang membuat mobil ramah lingkungan dan hemat bahan bakar, yang salah satunya adalah mobil hybrid.

Syamsuddin Haris Heran Albertina Ho Dilaporkan ke Dewas, Sindir Dugaan Etik Nurul Ghufron

Honda misalnya, membenamkan teknologi hybrid di model terlarisnya Jazz. Mereka bahkan telah menjual Jazz hybrid di beberapa negara termasuk Malaysia.
Bawaslu Ultimatum Jajaran Tak Main Mata Dalam Proses Rekrutmen Panwascam Pilkada 2024


Lantas apakah Jazz hybrid akan terlahir di Indonesia, setelah mobil sport hybrid CR-Z yang baru saja mereka luncurkan langsung ludes terjual?


"Lihatlah nanti, satu persatulah. Mobil murah dulu kemudian Brio MPV, baru fokus ke situ. Jadi tidak menutup kemungkinan," kata Jonfis Fandy, Marketing and Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor, Senin 3 Maret 2013.


Meski begitu, Jonfis menilai pasar mobil hybrid Tanah Air cukup menjanjikan ke depannya. "Kita lihat saja CR-Z responnya cukup bagus. Yang perlu itu sosialisi. Di Indonesia orang awam atau orang yang punya uang, pasti masih ada yang beranggapan hybrid itu apa," katanya.


Menurutnya, teknologi hybrid bukanlah mobil seperti pada biasa. Karena hybrid sebenarnya seperti mobil yang ditambah turbo atau nos, sehingga bisa menaikan tenaga namun irit bahan bakar.


"Hybrid ini sama seperti mesin biasa, cuma ditambah baterai yang dapat menambah tenaga. Bedanya kalau nos setelah habis harus diisi dan bayar, kalau ini cukup ngerem baterai bisa terisi kembali," ujar Jonfis.


Jazz hybrid yang memadukan mesin bensin dan motor listrik ini dijual di Kuala Lumpur, Malaysia dengan banderol 89.900 Ringgit (Rp283 juta) dengan status on the road.

 

Untuk urusan jantung pacu, mobil ini masih mengandalakan mesin 1,3 liter i-VTEC plus IMA. Mesin itu bisa memproduksi daya 88 tenaga kuda, sementara motor listrik menambah daya 14 HP. Adapun torsi puncak mencapai 121 Nm.

 

Fitur lainnya yang tersemat pada Jazz Hybrid adalah
Ultra Seats Fleksibel
,
Vehicle Stability Assist
, ABS dengan EBD (electronic brake distribution) and BA (Brake Assist), serta sensor belakang di empat titik. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya