Suzuki Siapkan Ertiga Berbahan Bakar Gas

Pesta Mobil Suzuki Ertiga 2012
Sumber :
  • VIVAlife/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Momentum kesuksesan Ertiga di pasaran rupanya ingin dimanfaatkan Maruti Suzuki India dengan mengeluarkan varian yang berbahan bakar gas (BBG).

Dilansir Motoroids, Senin 1 April 2013, setelah sukses menjual varian 1.4 liter berbahan bakar bensin dan 1.3 liter multijet diesel, mereka berencanan merilis varian BBG.

Rencananya untuk varian BBG kapasitas mesin 1.4 liter ditambah konverter kit agar bisa menggunakan Gas. Sedangkan tenaganya mencapai 94 Bhp dengan torsi 130 Nm.

Maruti Suzuki mengklaim, biaya perawatan varian BBG lebih murah dari bensin, tidak jauh berbeda dengan diesel.

Mereka akan memasarkannya dalam 2-3 bulan mendatang. Mengenai harga pihaknya belum mau membeberkan. Mobil BBG menjadi varian paling digemari di negeri Hindustan. Tak heran, produsen besar seperti Honda pun ikut menghadirkan tipe tersebut dari model yang dimiliki.

Diketahui, Ertiga jadi ladang baru keuntungan Suzuki. , Suzuki India (Maruti) merasakan betul manisnya kesuksesan yang diraih Ertiga sebagai kontributor utama.

Maruti Suzuki sempat terpuruk akibat kerusuhan di pabriknya pada tahun lalu. Tapi pada kuartal terakhir tahun lalu, keuntungannya melesat 144 persen menjadi 5,01 miliar rupee (Rp897 miliar) dari 2,05 miliar rupee (Rp366 miliar).

Rizky Nazar Diisukan Selingkuh, Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

Keuntungan Bertambah

Mereka mengaku keuntungan bersih bertambah karena lonjakkan penjualan terhadap model baru, seperti Ertiga dan Alto--yang kini menjadi mobil terlaris di India.

Melihat hasil didapatkannya, pabrikan Jepang itu berencana menginvestasikan dana 17 miliar rupee untuk mendirikan pabrik diesel baru, yang rencananya bakal diresmikan pada 2014 mendatang.

Pabrik baru yang dibangun di New Delhi memiliki kapasitas produksi mencapai 300 ribu mesin per tahun. (ren)

Kembali Mencuat, Golkar Tak Ingin Berandai-andai Soal Kabar Jokowi Gabung
Timnas Qatar U-23 Vs Jepang

Timnas Qatar U-23 Menangis Usai Dihajar Jepang Perempat Final Piala Asia U-23 2024

Timnas Qatar U-23 dipastikan gugur di babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Itu setelah mereka dikalahkan Jepang dengan skor 2-4 di Stadion Jassim bin Hamad, Al Rayy

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024