Alasan KIA Indonesia Undur Jual All New Carens

All New KIA Carens
Sumber :
  • Carscoop
VIVAnews - KIA Mobil Indonesia (KMI) memutuskan untuk mengundur peluncuran mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) All New Carens, dari semula akhir Mei menjadi awal April 2013. Keputusan itu dilakukan lantaran adanya gangguan masalah suplay dari Korea Selatan.
Sidang Sengketa Pilpres, MK Pertimbangkan Hadirkan Mensos hingga Menkeu


4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa
"Peluncuran All New Carens kita undur jadi April 2013. Karena percuma kalau dipaksakan akhir Mei, barang yang akan jual tidak ada.  Ada masalah di suplay-nya," kata Manajer Komunikasi Pemasaran KIA Mobil Indonesia, Ridjal Mulyadi kepada VIVAnews, Selasa 29 April 2013.
Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Namun, Ridjal membantah jika masalah suplay terganggu karena adanya konflik yang memanas antara Korea Selatan dan Korea Utara. "Bukan karena itu. Tapi suplay dari prinsipal untuk Indonesia baru bisa terpenuh pada Mei," imbuhnya.


Di Indonesia, Carens merupakan salah satu MPV alternatif yang cukup digandrungi konsumen. Sadar model yang bakal dilawan cukup kuat, mereka merombak total penampilan mobil tersebut.


Perubahan yang akan terjadi di KIA Carens terbaru ini adalah grille depan 'tiger nose'-- yang menjadi ciri khas dari KIA. 
Kemudian lampu utama yang lebih memanjang hampir menyentuh frame layaknya KIA Cee’D, serta lampu belakang yang terlihat berubah seperti KIA Sportage.


Dimensi sedikit lebih kecil daripada pendahulunya, namun memiliki wheelbase lebih panjang untuk mendapatkan kabin yang luas.

 

Interior didesain apik dengan bahan berkualitas tinggi dengan cluster instrument dan sistem audio premium. Konfigurasi tujuh seater, jok kulit, lampu LED side room dan panoramic sunroof.


Di Eropa, All New Carens punya pilihan tiga mesin, yakni mesin GDI 1.6-liter dengan daya 135 HP (99 kW) dan torsi 165 Nm (122 lb-ft). Lalu mesin 2.0-liter yang menghasilkan 177 HP (130 kW) dan torsi 211 Nm (156 lb-ft). Dan ada juga versi mesin diesel, dengan kapasitas 1.7-liter. Mesin dipadukan dengan transmisi manual enam-percepatan serta transmisi otomatis enam percepatan sebagai opsional.


"Untuk Indonesia hanya akan tersedia mesin bensin. Adapun fitur panoramic sunroof akan dihilangkan. Bocoran harga di atas Rp250 juta," kata Ridjal.


All New Carens menjadi "kuda hitam" di segmen pasar MPV. Sekaligus tawaran baru bagi mereka yang ingin sosok MPV lebih bergaya. Mobil ini akan jadi rival baru Toyota Innova dan Honda Freed.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya