"Musuh" Baru Rush-Terios Kebanjiran Peminat

Mobil Ford EcoSport
Sumber :
  • REUTERS/ Adnan Abidi

VIVAnews - Mobil mini SUV (Sport Utility Vehicle) Ford EcoSport mendapatkan respons positif dari pasar India. Begitu dirilis, mobil yang diklaim irit BBM dan ramah lingkungan itu sudah kebanjiran pesanan.

Dilaporkan Motorbeam, Selasa 15 Juli 2013, permintaan Ford EcoSport sudah menembus 17 ribu unit saat mereka mengumumkan harganya.

Produsen asal Amerika Serikat itu mengaku telah mendapat surat pemesanan kendaraan sebanyak 1.000 unit tiap bulannya. Saking tingginya minat konsumen, untuk versi diesel telah dihentikan proses pemesanannya.

Ford India menyatakan bagi konsumen yang menginginkan varian diesel harus menunggu lebih lama, sedangkan versi bensin akan mendapatkan lebih cepat lantaran permintaannya tidak terlalu membeludak.

Ford memproduksi EcoSport sebanyak 5.000 unit setiap bulan di pabrik perakitan di Chennai, India. EcoSport hadir dengan tiga pilihan tipe mesin.

Yakni, mesin bensin 1.5-liter, EcoBosst 1.0-liter 3 silinder (bensin) yang diklaim menghasilkan tenaga sebesar 125 hp, dan 1.5 mesin diesel turbocharged bertenaga 90 hp.

Mesin itu dikawinkan dengan transmisi otomatis Ford PowerShift enam percepatan dan manual lima percepatan.

Mereka juga membenamkan mobil ini dengan teknologi pendukung berupa Driver Assistance, Electronic Stability Program, Hill Launch Assist, serta Ford SYNC AppLink.

EcoSport dibangun dari platform yang sama dengan Fiesta dan B-Max. Mobil ini juga tersedia untuk roda penggerak 4X4 dan 4X2 bagi pasar ASEAN.

Masuk Indonesia

Anies dan Cak Imin Hadir ke KPU Jelang Penetapan Prabowo-Gibran

Tidak tertutup kemungkinan, setelah India, EcoSport bakal mendarat di Indonesia. "Ya, itu merupakan salah satu model global Ford. Artinya, model yang dipasarkan secara global, termasuk Indonesia. Tinggal tunggu waktu saja," kata Managing Director Ford Motor Indonesia (FMI), Bagus Susanto, kepada VIVAnews, beberapa waktu lalu.

Kabar ini tentu membuat pemain lama seperti Rush-Terios dan Juke waspada. Bukan tidak mungkin, pangsa pasar mereka bakal tergerus oleh EcoSport. Kita tunggu saja. (art)

Yandri Susanto

PAN Anggap Anies dan Ganjar Hadir atau Tidak dalam Penetapan Prabowo Tak Ada Pengaruhnya

PAN menyebut kehadiran kubu Anies-Muhaimin dan kubu Ganjar-Mahfud tidak memberikan pengaruh pada penetapan Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024