Pergantian Tahun, Harga Mobil Murah Bakal Naik

Mobil Murah di IIMS 2013
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews
Oknum Polisi Calon Perwira Aniaya Istri yang Sedang Hamil, Dilaporkan ke Polda Sumut
- Tahun baru, sudah biasa harga-harga mobil langsung mengalami kenaikan. Argumen yang disampaikan produsen beragam, mulai dari pemberlakuan pajak BBN (bea balik nama) atau kenaikan harga bahan baku.

Bagikan Edukasi Seputar Diving, Pengacara Cantik Asal Filipina Ini Ketagihan Jadi Konten Kreator

Terlebih lagi kini situasinya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika terus melemah. Tercatat rupiah sempat tembus di level Rp12.000 per dolar AS.
Serahkan Kesimpulan, Kubu AMIN: Kita Tak Rela Pemimpin yang Terpilih Itu Curang


Lantas bagaimana dengan harga mobil murah ramah lingkungan atau
Low Cost Green Car
(LCGC), di mana saat rencana kehadirannya menjadi mobil terjangkau karena dibanderol kurang dari Rp100 juta?


Menurut Marketing and DND Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Davy Jeffry Tuilan, hingga saat ini harga Karimun Wagon R tidak mengalami kenaikan.


Namun, tidak tertutup kemungkinan pada awal 2014, mereka akan menaikkan harga mobil 1.000cc tersebut. "Rencana menaikkan harga Wagon R ada di tahun depan," kata Davy dalam pesan singkat kepada
VIVAnews
, Kamis 26 Desember 2013.


Sayangnya, Davy belum mau membeberkan berapa kisaran rencana kenaikan harga tersebut. Sebagai acuan, harga mobil baru biasanya mengalami kenaikan sekitar Rp500 ribuan untuk pajak BBN (bea balik nama) setiap pergantian tahun.


Saat ini Suzuki Wagon R GA dijual Rp77 juta, GL Rp89,9 juta, GX Rp99,9 juta On the Road Jakarta.


Bagaimana mobil murah merek lain?


Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM), Rahmat Samulo, mengatakan Toyota belum bisa memastikan apakah Agya akan mengalami kenaikan harga.


"Kami belum bisa mengatakan hal itu (naik atau tidak), kita lihat nanti. Karena Agya merupakan produk LCGC yang dicanangkan pemerintah dan ada ketentuan harga yang disepakati agar terjangkau," kata Samulo.

   

Dia menambahkan, yang pasti produk-produk LCGC itu ada persyaratan tersendiri mengenai harga. Tapi, teknisnya bagaimana dan seperti apa hanya orang produksi yang tahu.


Saat ini, mobil dengan harga terjangkau Toyota Astra Agya dijual dengan rentang harga mulai dari Rp99,9-120,75 juta OTR Jakarta. Rata-rata penjualan Agya setiap bulannya berada di angka 4.000-5.000 ribu unit. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya