Jadi Basis Produksi dan Ekspor Toyota, Seberapa Besar Potensi RI?

Test Drive All New Vios
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Mahaputra
VIVAnews
Fairuz A Rafiq Beberkan Kondisi Terkini Usai Dilarikan ke RS Bersama Buah Hati
- Ambisi Toyota Indonesia menjadi salah satu basis produksi dan ekspor otomotif makin menunjukkan hasil. Melalui PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Toyota Indonesia, pada penghujung Maret 2014, telah melakukan ekspor sedan perdana dalam volume masif.

Indonesia Bakal Jadi Basis Produksi Mobil Listrik Canggih

Toyota Motor Manufacturing Indonesia sejak Desember 2013 juga telah memulai ekspor Vios ke Brunei Darussalam dan Singapura. Namun, karena meningkatnya permintaan dari negara-negara Timur Tengah, ekspor sedan Toyota itu juga dilakukan ke Bahrain, Kuwait, Oman, Qatar, Saudi Arabia, Uni Emirat Arab, Yordania, Lebanon, dan Yaman.
Rekam Jejak Luar Biasa Raja Aibon Kogila 821 Hari Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI


Rencananya, pada tahap awal, sekitar 1.000 unit Vios akan diekspor per bulan, sebelum secara bertahap meningkat ke angka 3.000 unit per bulan.


“Pencapaian ini merupakan hari yang sangat bersejarah sepanjang perjalanan kami selama lebih dari 40 tahun beroperasi di Indonesia,” ujar Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Masahiro Nonami, Senin 5 Mei 2014.


Peresmian ekspor perdana Toyota Vios juga mendapat respons positif dari pemerintah. Menteri Perindustrian, M. Hidayat, menegaskan, ekspor ini menunjukkan makin membaiknya iklim investasi di Indonesia.


“Jika kepercayaan dan komitmen produsen otomotif dunia untuk berinvestasi mendukung pembangunan industri, Indonesia akan menjadi basis produksi otomotif untuk tujuan ekspor pada masa yang akan datang,” kata Hidayat.


Ekspor Vios akan memberikan kontribusi positif pada neraca perdagangan Toyota Indonesia, karena makin meningkatnya total volume ekspor tahunan.


Selain itu, menunjukkan keberlanjutan komitmen Toyota meningkatkan aktivitas ekspor dan berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya