Ford Pakai Tomat sebagai Bahan Baku Mobil

Tomat.
Sumber :
  • www.autoevolution.com

VIVAnews – Perusahaan otomotif asal Amerika Serikat, Ford, bersama produsen saus terkemuka, HJ Heinz Company, tengah berkolaborasi untuk menciptakan inovasi baru dalam dunia otomotif.

Dilansir Autoevolution, Jumat 13 Juni 2014, kedua perusahaan tersebut kini tengah mengembangkan ampas tomat yang biasa digunakan untuk saos  menjadi bioplastik.

Menurut Ford, hal tersebut dapat digunakan untuk membuat beberapa elemen berbahan plastik seperi wiring brackets, tempat penyimpanan koin, serta bagian lainnya pada produksi mobil-mobil keluarannya di masa depan.

Meski terbuat dari tomat, mereka mengklaim benda yang dibuatnya tak akan memiliki warna atau bau layaknya sebuah tomat, bahkan saus. Dengan teknologi ini, setidaknya Ford ingin menunjukkan pengurangan ketergantungannya pada bahan bakar fosil yang berujung pada pengurangan emisi gas rumah kaca.

"Kami sedang menjajaki apakah pengolahan makanan ini bisa menjadi produk sehingga masuk akal serta dapat diaplikasikan untuk otomotif," jelas Ford Plastics Research Specialist, Ellen Lee.

Lee juga mengungkapkan, tujuan Ford mengembangkan ini karena bahan ringan dan kuat dapat memenuhi persyaratan kendaraannya.

MK Sebut Sidang Sengketa Pileg Dimulai 29 April 2024

“Saat yang sama, ini mengurangi dampak lingkungan secara keseluruhan," tegas Lee.

Belakangan, Ford memang dikenal sebagai produsen mobil yang biasa mendaur ulang beberapa bahan untuk dijadikan sebagai komponen pada mobilnya, seperti kursi, panel pintu, dan bantal kursi yang dibuat dari pati jagung. (umi)

Ilustrasi aksi bullying atau penganiayaan.

Gara-gara Wanita, Bripda DR Aniaya Tenaga Kesehatan Hingga Hidungnya Patah

Oknum Anggota Polri kembali berulah. Kali ini, seorang anggota Kepolisian Daerah (Polda) Gorontalo berinisial DR, diduga menganiaya tenaga kesehatan (Nakes) di Gorontalo.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024