Ini yang Bikin Mesin Innova Diesel Baru Lebih Bertenaga

Mesin diesel milik Toyota Innova terbaru.
Sumber :
  • Rushlane

VIVA.co.id - Toyota berencana menghadirkan varian terbaru dari mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) Kijang Innova. Namun sayangnya mereka masih merahasiakan jadwal peluncurannya.

Teknologi Masa Depan Honda Siap Dipajang di GIIAS 2016

Hanya saja seperti yang dilansir dari Rushlane, Rabu, 24 Juni 2015, Toyota sudah membeberkan spesifikasi mesin yang nantinya akan dipasang pada mobil berkapasitas tujuh penumpang tersebut.

Innova terbaru versi diesel akan mengusung mesin berkapasitas 2.400cc dengan kode 2GD-FTV, turun 100cc dari generasi sebelumnya. Meski demikian, tenaga yang dihasilkan justru lebih besar, yakni 148 daya kuda dan torsi 400 newton meter.

Bocah 13 Tahun 'Bejek' Mobil Ini Hingga 320 km per Jam

Sekadar informasi, mesin Innova diesel yang saat ini beredar memiliki tenaga sebesar 100 daya kuda dan torsi 260 Newton meter.

Untuk bisa menghasilkan tenaga yang lebih besar, Toyota mengaplikasikan beberapa teknologi terbaru rancangan mereka. Salah satunya adalah Thermo Swing Wall Insulation Technology (TSWIN), yang mampu meningkatkan efisiensi pembakaran sebesar 15 persen dan peningkatan torsi 25 persen.

Jok Khusus Penyandang Disabilitas Ini Seharga Mobil

Selain itu, piston mesin dilapisi dengan bahan khusus yang diberi nama silica-reinforced porous anodized aluminum (SiRPA). Keunggulan bahan ini adalah mampu memberikan pendinginan yang lebih baik pada mesin.

Terakhir, pendorong turbocharger yang dipasang merupakan model terbaru, yang ukurannya 30 persen lebih kecil namun menghasilkan tenaga lebih besar.

Contoh rem depan motor yang dilengkapi ABS.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Fungsinya sangat vital, makanya perlu perawatan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016