Kemewahan Fortuner Kejutkan 'Jalur Neraka' Gunung Merapi

All New Fortuner di lereng Gunung Merapi
Sumber :
  • Dokumentasi Toyota Astra Motor
VIVA.co.id
Toyota Pamer Mobil Masa Depan di GIIAS 2016
- Para turis dan juga penduduk lokal lereng Gunung Merapi tampak menengokan kepala saat iringan mobil melewatinya. Mereka seakan tak percaya sebuah mobil mewah bisa melewati jalur ekstrem sepanjang 2,5 jam.

Mobil 'Alien' Toyota Siap Hebohkan Pameran GIIAS 2016
Kejadian itu telihat saat tes drive Toyota All New Fortuner pada hari Kamis sampai Sabtu, 28-30 Januari 2016. Mobil seharga setengah miliar lebih itu ditantang untuk taklukkan "jalur neraka" yang hanya bisa dilewati mobil 4x4 atau truk pasir saja.

Isuzu Akan Pertahankan Desain Kotak
Ujian pertama Fortuner terbaru ini adalah naik turun lewati bukit pasir dengan batu-batu ukuran besar di jalur Kali Opak, beberapa titik tentu sangat ekstrem bagi sebuah Sport Utility Vehicle (SUV).

Ujian kedua saat berupaya naik ke Bunker Merapi yang berada di ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut, persis di atas rumah tinggal sang juru kunci, Almarhum Mbah Marijan. Tetapi, kedua ujian sulit itu berhasil dilewati Fortuner dengan cukup meyakinkan.

Menggunakan tipe 4X2 VRZ bermesin diesel dengan kekuatan 2700cc, Fortuner paling gres ini mampu dengan mulus melewati kedua tantangan tersebut yang dipenuhi medan dengan tikungan tajam, tanjangan dan turunan menantang.

All New Fortuner di Merapi photo IMG-20160129-WA0016.jpg

Tak sampai di situ, All New Fortuner kembali ditantang kali ini untuk melewati genangan air setinggi kira-kira 70cm di Kali Kuning. Selama 30 menit enam Fortuner dijajal melewati tantangan tersebut, dan tak ada masalah berarti.

Aksi Fortuner naiki lereng Merapi membelah genangan Kali Kuning itu pun berhasil menarik perhatian warga sekitar, karena tak biasa melihat sebuah mobil mewah "disiksa" dan diuji begitu keras.

"Hebat juga yah bisa naik sampai di bunker atas sama lewatin air-air kayak begini. Modelnya keren, seperti mobil mewah, tapi kuat banget lewati jalur kayak begini," ujar Sugiono, seorang penambang pasir yang menonton aksi Fortuner di Kali Kuning.

Keberhasilan All New Fortuner untuk tampil perkasa selama test drive di Merapi membuat pihak Toyota cukup puas. Karakter mewah namun tetap garang yang diusung kini sukses jadi kenyataan.

"Peserta saat tes drive mampu membuktikan kapasitas dan penampilan melintasi berbagai jalur," kata Vice President Director PT Toyota Astra Motor Henry Tanoto, di sela-sela test drive tersebut.

Fitur tambahan seperti Power Mode dan Eco Mode juga bisa membuat Fortuner menyesuaikan dengan medan yang dilewati. Fitur pertama memberikan tenaga lebih besar, sementara Eco Mode membuat performa mesin lebih stabil.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya