Aturan Keamanan Mobil Bakal Diperketat

Uji tabrak
Sumber :
  • Paultan.org

VIVA.co.id – Global NCAP (New Car Assesstment Program) akan memperketat keamanan sebuah mobil. Rencananya, mobil yang gagal mendapat bintang, atau zero-star-rated dalam uji tabrak akan dilarang peredarannya.

Kia Picanto dan Suzuki Ertiga Diuji Tabrak, Ini Hasilnya

Hal itu diungkapkan Sekretaris Jenderal Global NCAP, David Ward, saat diwawancarai Autocar, Jumat 26 Februari 2016. Namun, rencana ini baru akan diberlakukan Global NCAP pada 2020 mendatang.

Selama ini, para produsen mobil memang tengah berlomba-lomba membuat mobil murah untuk menarik minat para konsumen. Namun, alasan itu dianggap Ward tak berdasar, sehingga lebih banyak memberikan dampak negatif.

Gara-gara Uber, Aturan Uji Tabrak Bakal Diubah

"Argumen yang diajukan oleh para produsen mobil adalah mereka harus membuat mobil-mobil murah yang menarik perhatian pembeli, khususnya para pemilik sepdea motor, tetapi tidak ada bukti nyata dari argumen tersebut. Pembeli mobil berhak mendapat standar keamanan dasar dan biaya untuk penyediaan itu sebenarnya kecil," kata Ward.

Jika aturan ini diberlakukan tentu akan membuat beberapa produsen mobil yang kerap mendapat rapor merah meradang. Sebab, di beberapa negara seperti Brasil dan India, masih ada beberapa model mobil yang gagal mendapat bintang dalam uji tabrak Global NCAP.

Seberapa Tangguh Suzuki Baleno Baru saat Diuji Tabrak?

Menurut Ward, masih banyak produsen-produsen mobil yang gagal memenuhi aturan standar paling sederhana seperti struktur dasar dan sebuah airbag dalam sebuah kendaraan. (asp)

Uji tabrak

Pakai Cara Ini, Mobil yang Dijual di RI Dijamin Aman

ASEAN NCAP jadi tolak ukur tingkat keamanan mobil.

img_title
VIVA.co.id
7 Juni 2016