Pemerintah RI Tak Punya Dana Kembangkan Mobil Listrik

Ricky Elcon (kiri) dengan Dahlan Iskan (kanan) di depan mobil listrik
Sumber :
  • Facebook Ricky Elson.

VIVA.co.id – Kementerian Perindustrian mendorong pelaku industri otomotif Tanah Air untuk mulai mengembangkan mobil listrik.

Gak Cuma Mobil, Gerobak dan Sepeda Kayuh Juga Bisa Pakai Setrum

Pengembangan mobil listrik merupakan salah satu komitmen Pemerintah Indonesia dalam upaya menurunkan emisi sebesar 29 persen pada tahun 2030.

Meski secara terbuka telah membuka peluang untuk pengembangan mobil listrik di Indonesia, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin I Gusti Putu Suryawirawan mengungkapkan, hingga saat ini, belum ada rencana yang ditunjukkan Agen Pemegang Merek (APM) terkait hal tersebut.

ABC Turun Tangan Bikin Baterai Mobil Listrik

“APM belum ada yang menunjukkan rencana. Kita sampai saat ini masih terus mengembangkan model mobil seperti apa, apakah mobil listrik atau mobil hibrida. Semuanya masih dalam tahap kajian,” ungkapnya kepada VIVA.co.id, Jumat 11 Maret 2016.

Saat disinggung mengenai dana terkait pengembangan mobil listrik, I Gusti mengakui, bila pihak pemerintah memiliki ketebatasan terkait hal tersebut. Sehingga, peluang besar diberikan bagi pelaku industri otomotif yang ingin mengambil bagian dalam hal ini.

Pindah Ibu Kota Awal 2024, Cuma Kendaraan Ini yang Boleh Masuk Kawasan

“Pemerintah enggak punya uang, kami punya keterbatasan juga. Enggak mungkin kita support hal itu. Hingga saat ini, semuanya masih dalam kajian, sehingga masih harus kita pelajari terus,” jelasnya.

Mengenai target kehadiran mobil listrik di Indonesia, I Gusti mengungkapkan, pemerintah belum bisa menentukan hal tersebut. “Belum bisa kita tentukan, karena semuanya masih dalam tahap kajian,” katanya.

Mine SPA1 mobil listrik asal Thailand

MINE SPA1, Calon Mobil Listrik Asal Thailand

Mobil listrik buatan dalam negeri Thailand, MINE SPA1, akhirnya tertangkap kamera sedang melakukan uji coba di jalanan.

img_title
VIVA.co.id
11 Februari 2022