Jualan General Motors Global Moncer, Bagaimana di Indonesia?

Diler terbaru Chevrolet di kawasan Bintaro, Tangsel.
Sumber :
  • FOTO: Toto Pribadi/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Perusahaan mobil asal Amerika Serikat (AS), General Motors Co mengumumkan, pada kuartal pertama 2016 telah berhasil menjual sebanyak 2,36 juta kendaraan secara global.

Foto Modifikasi Keren, Harley-Davidson Bergaya Yakuza

Tingginya penjualan mobil asal negeri Paman Sam ini tak lain karena telah mengalami pertumbuhan di pasar-pasar prioritas, khususnya segmen SUV dan kendaraan mewah yang terjadi Tiongkok serta Amerika Serikat.

Menurut Presiden GM Dan Ammann, di Tiongkok GM terus mengembangkan penjualan SUV dan perluasan segmen mobil mewah dengan Cadillac.

Komunitas Mobil Ini Hanya Ada di 5 Negara, Termasuk RI

Sementara itu, di Amerika Serikat, pertumbuhan lebih didekatkan untuk peningkatan penjualan ritel serta sewa kendaraan yang menghasilkan transaksi lebih menguntungkan.

“Kualitas penjualan global GM pada segmen dan pasar-pasar utama pada kuartal pertama sejalan dengan upaya kami untuk terus mempertahankan pertumbuhan yang menguntungkan,” ungkap Dan Ammann dalam keterangan tertulis, Rabu 20 April 2016.

Ingin Beli Mobil Honda? Ini Daftar Mobil Paling Larisnya

Berdasarakan data yang diperoleh, penjualan Cadillac secara global meningkat 0,3 persen, dan penjualan di Tiongkok sebesar 6,1 persen. Lalu, rata-rata nilai transaksi Average Transaction Prices (ATP) Cadillac di AS naik 5 persen.

Selain itu, penjualan ritel Chevrolet di Amerika Serikat naik 10 persen, pasar saham ritel naik pada poin penuh dengan estimasi 11 persen. Chevrolet melanjutkan perannya untuk tetap menjadi merek penjualan terbaik di Amerika Selatan.

Tak hanya menang di kandang, penjualan Chevrolet di Korea Selatan meningkat 14,7 persen. Kendati mengklaim secara global mengalami peningkatan, namun di pasar otomotif Indonesia, penjualan mobil GM tampaknya kurang moncer.

Bahkan tahun lalu, GM Indonesia terpaksa menutup pabrik pembuatan mobil serbaguna atau Multi Purpose Vehicle (MPV) yang disebut Chevrolet Spin. Usia mobil tersebut hanya seumur jagung dan para pekerjanya pun terpaksa diberhentikan.

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Chevrolet  pada kuartal pertama nyatanya tak masuk 10 besar merek otomotif terlaris. Secara total, penjualan Chevrolet selama Januari-Maret 2016 hanya sebanyak 517 unit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya