Perusahaan Jerman Turut Andil dalam Pengembangan Esemka?

Jokowi dan mobil Esemka saat menjabat Wali Kota Solo
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Shodiq

VIVA.co.id – Beberapa tahun lalu, tepatnya pada 2012, saat Joko Widodo masih menjabat sebagai wali kota Solo, nama mobil nasional Esemka kerap jadi bahan pembicaraan.

Demi Selamatkan Mobil dari Badai, Pria Ini Bertindak Ekstrem

Bahkan, muncul wacana dari Jokowi untuk membawa beberapa orang dari tim Esemka ke Bavaria, agar mereka bisa mendapat pelatihan mengenai cara memproduksi kendaraan dari BMW.

Lantas, bagaimana perkembangan saat ini? 

Esemka Bisa Jadi Produsen Otomotif Lokal Pertama di Gaikindo

Menanggapi hal tersebut, Head of Corporate Communication Department BMW Group Indonesia, Jodie O'tania, ikut angkat bicara. Menurut dia, hingga saat ini, kabar kerja sama tim Esemka dengan BMW belum diketahui oleh BMW Group Indonesia.

"Mungkin, itu dari global (BMW Jerman atau kedutaan Jerman). Kalau partisipasi BMW (Indonesia) ke arah situ (dengan Esemka) sih belum ada informasi," ujar Jodie saat ditemui di kawasan Sunter, Jakarta, Rabu 11 Mei 2016.

BMW Tipe Apa yang Paling Laris di Indonesia?

Saat ini BMW hanya menjalin kerja sama dengan PT Gaya Motor, yang merupakan anak perusahaan Astra international.

Selain itu, kata dia, apabila tim teknisi BMW di Indonesia butuh pengetahuan lebih lanjut soal mesin dan seluk beluk mobil BMW, maka pihak prinsipal BMW di Jerman akan mendatangkan teknisi dan melakukan pelatihan di Tanah Air.

"Kalau soal mobil nasional sendiri, kami tidak bisa kasih komentar. Soalnya, itu di luar ranah BMW Indonesia Coba deh nanti saya cari tahu, apakah benar itu dari kedutaan Jerman atau dari BMW global," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya