Pabriknya Dipinjam, Geely Turut Andil Bikin Esemka?

Mobil Murah Produk Esemka
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Sodiq

VIVA.co.id – PT Adiperkasa Citra Esemka (ACE), perusahaan yang akan memproduksi mobil buatan lokal dengan nama Esemka, baru-baru ini membangun dua pabrik di dua wilayah yang berbeda. Pabrik pertama berlokasi di Boyolali, Jawa Tengah, sedangkan satu lagi di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.

Nekat Mudik, Tiga Pemuda Ini Dikarantina di Eks Pabrik Esemka

Namun, beredar kabar bahwa pabrik yang ada di Cileungsi bukanlah pabrik baru, melainkan milik PT Geely Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Presiden Direktur Geely Mobil Indonesia (GMI) dan Chery Mobil Indonesia (CMI), Hosea Sanjaya mengatakan, pihaknya saat ini masih fokus terhadap penjualan stok yang ada.

Proton Siap Gempur Pasar Mobil RI, Dibekingi Perusahaan China

"Kita fokus pada penjualan stok yang ada ke korporasi dan perusahaan rental. Sementara sudah tidak produksi atau impor unit baru," kata Hosea kepada VIVA.co.id, Rabu 15 Juni 2016

Saat ditanya mengenai pabrik perakitan mobil Esemka, dia memilih untuk tidak menjawab. Ia mengatakan, belum dapat memberikan keterangan lebih lanjut terkait kerja sama dengan pihak Esemka. Namun, pihaknya akan segera mempublikasikan apabila sudah ada kepastian.

Mobil Pedesaan Bakal Diproduksi Massal pada Awal 2019

Namun, hal berbeda diungkapkan Logistic and Distribution Manager GMI cabang Sunter, Budi Wijaya. Ia menjelaskan, hingga saat ini pabrik di Cileungsi masih memproduksi kendaraan untuk Geely.

"Kalo pabriknya di Cileungsi masih beroperasi, tapi untuk yang Esemka belum tahu pastinya," ungkap Budi.

Ia menambahkan, dewan pusat pabrikan asal China tersebut juga belum memberi keterangan soal apakah ada kerja sama dengan pihak Esemka.

"Kalau di sini, memang untuk informasi Esemka belum ada. Kita masih fokus ke Geely saja," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya