Butuh Mobil Buat Mudik? Ini Alternatifnya

Hyundai All New Tucson.
Sumber :
  • Herdi Muhardi/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Momen Lebaran kerap digunakan masyarakat di Indonesia untuk pulang ke kampung halaman. Hal ini pula yang menyebabkan kebutuhan kendaraan pribadi semakin meningkat.

Mobil Pesaing Vios Rp100 Jutaan, dan Mesin Motor Mati Mendadak

Hanya saja, untuk pulang ke kampung halaman, pemudik kerap hanya mengetahui mobil-mobil dengan merek buatan Jepang. Padahal, pasar otomotif nasional juga diisi oleh beberapa merek mobil asal negara lain yang tak kalah andal serta memiliki desain yang menarik.

Tentu saja, mobil-mobil non Jepang yang dijual juga cocok untuk mudik, mulai dari model citycar, Multi Purpose Vehicle (MPV) hingga Sport Utility Vehicle (SUV), bahkan hatchback.

Hyundai Terancam Diboikot di India, Apa Penyebabnya?

Tak hanya itu, jelang Lebaran ini, diler-diler non Jepang juga menawarkan potongan harga atau diskon yang tak kalah tinggi, bahkan mencapai puluhan juta.

Mau tahu mobil non Jepang apa saja yang dijual dan cocok untuk mudik Lebaran? Berikut daftarnya:

Penjualan Hyundai Meroket, Pabrikan Jepang Perlu Waspada

Hyundai

Mobil asal Korea Selatan ini dikenal memiliki desain yang modern khas Eropa. Beberapa mobil yang bisa digunakan untuk mudik antara lain: untuk kelas citycar ada Hyundai Grand I10, lalu di kelas MPV ada H-1. Sedangkan untuk SUV, Hyundai memiliki Santa Fe dan juga Tucson. Jika ingin hatchback, tersedia model Grand Avega.

Kia

Merek mobil  yang juga berasal dari Korea Selatan ini sebenarnya masih satu keluarga dengan Hyundai. Bahkan, keduanya dirancang oleh orang yang sama, yakni Peter Schreyer.

Beberapa mobil yang cocok digunakan untuk mudik dari Kia antara lain: untuk citycar ada Kia Picanto atau Morning, lalu untuk MPV Kia Carens, dan SUV ada Sorento serta Sportage. Sedangkan yang ingin model hatchback, Kia menawarkan Rio.

Proton

Ya, mobil yang satu ini memang buatan Malaysia. Beberapa model mobil yang dijual Proton juga tak kalah dengan model mobil lainnya.

Mobil Proton yang bisa digunakan untuk mudik di antaranya Savvy dan Neo (citycar). Untuk model MPV, tersedia Exora dan hatchback ada Gen2 serta Suprima.

Geely

Selain Korea Selatan dan Malaysia, ada pabrikan otomotif asal Tiongkok yang mencoba peruntungan di Indonesia, yakni Geely.

Mobil-mobil Geely yang diboyong di Indonesia antara lain: citcyar yakni model Panda, lalu mini SUV Panda LC Cross dan hatchback yaitu MK2.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya