KIA Motors Tak Tinggalkan Indonesia

Ilustrasi perusahaan pembuat mobil Korsel, KIA.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Dampak melemahnya ekonomi nasional berimbas pada penjualan produk otomotif. Hal ini pun dirasakan langsung PT K Motors Indonesia (KMI), agen tunggal pemegang merek Kia di Tanah Air.

Beli Mobil Kia Sonet, Antrinya Sampai Bulan April 2021

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), dari total penjualan otomotif nasional yang mencapai 440.046 unit, Kia Indonesia  hanya menyumbangkan 602 unit.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Marketing PT KIA Motors Indonesia Hartanto Sukmono, ikut angkat bicara. Menurut Hartanto, menurunnya pasar otomotif nasional di kawasan Asia menjadi perhatian khusus prinsipal KIA di Korea Selatan.

Jangan Kaget, Bakal Ada yang Baru di Jajaran Produk Kia Mobil

“Di Asia, Indonesia nomor satu satu atau dua bagi mereka. Indonesia dan Malaysia sedang menurun, tapi mereka melihat  ini hanya sementara. Ke depan pasti akan naik lagi,” ungkap Hartanto, Jumat 24 Juni 2016.

Oleh karena itu, lanjutnya, prinsipal KIA akan selalu mendukung dan membantu agar penjualan di Indonesia dapat kembali bangkit.

Kia Mobil Luncurkan Carnival Atap Tinggi, Gak Kalah Mewah

Hartanto juga menyatakan, untuk meyakini pihak Kia di Indonesia, sejumlah direksi delegasi prinsipal datang ke Indonesia.

“Merek mengatakan ke diler-diler, KIA tidak akan meninggalkan Indonesia, karena Indonesia adalah pasar yang potensial,” ujarnya.

Tentu saja, kecemasan akan hengkangnya perusahaan otomotif saat kondisi seperti ini beralasan. Seperti yang terjadi pada PT Ford Motor Indonesia, agen tunggal Ford di Tanah Air, yang mengumumkan akan menghentikan seluruh kegiatan mereka mulai tahun ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya