Dua Mobil Esemka yang Siap Diproduksi Massal

Wali Kota Solo mengendarai mobil Esemka
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq

VIVA.co.id – Meski jauh dari hiruk-pikuk pemberitaan media massa, mobil cita rasa nasional Esemka rupanya terus melaju mendekati peluncuran. Setidaknya, tahap demi tahap telah dilakoni Esemka yang sedianya akan diproduksi PT Adiperkasa Cira Esemka Hero (ACEH).

Menpan-RB Sebut ASN 38 Kementerian-Lembaga Prioritas Pindah ke IKN setelah Agustus

Sejauh ini, satu model Esemka bernama Adia sudah mendapat Nomor Induk Kendaraan (NIK) dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Selanjutnya, mobil ini akan menjalani tes uji layak jalan di Kementerian Perhubungan.

Sementara dua mobil lainnya, Rajawali dan Bima, rupanya sudah seluruhnya mengantongi izin. Artinya, hanya tinggal tahap produksi massal saja. Hal itu dikatakan Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kemenperin, Yan Sibarang Tandiele saat ditemui VIVA.co.id, di Gedung Kemenperin, Jakarta, Kamis kemarin, 14 Juli 2016.

Menpan-RB: Pemindahan Kementerian dan Lembaga ke IKN Tempuh Tiga Penapisan

"Artinya, Esemka sendiri sudah siap untuk produksi massal untuk mobil Esemka tipe SUV (Sport Utility Vehicle) Rajawali dan juga mobil Esemka Bima. Sudah lulus semua perizinannya, sudah mendapatkan NIK produksi Solo, tinggal produksi saja," kata Yan.

Dia menambahkan, dirinya tidak mengetahui secara jelas kapan tepatnya mobil terbaru dari Esemka tersebut akan debut di Indonesia. Saat ditanyai mengenai kandungan lokal yang akan digunakan oleh mobil Esemka, sejauh ini dia belum bisa berbicara.

Ini Dia Bagaimana Pencetakan 3D Bisa Membantu Banyak Bisnis Indonesia

"Ini kan mobilnya bukan program pemerintah, kita tidak menargetkan kandungan lokal berapa persen yang harus dicapai. Tidak ada," katanya.

Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas

Kemenpan-RB Siapkan 200 Ribu Formasi Calon ASN untuk Ditempatkan di IKN

Kemenpan-RB menyiapkan 600 formasi untuk rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) dan 200 ribu di antaranya bakal ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024