Bengkel Wajib Sediakan Ruang Khusus untuk Servis Mobil Ini

Ford GT.
Sumber :
  • Autoweek

VIVA.co.id – Memiliki sebuah supercar tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Selain harganya yang selangit, supercar identik dengan perawatan yang istimewa.

Terpopuler: Teknologi Canggih di GIICOMVEC 2024, Melihat Supercar Rp3 Miliar BYD

Umumnya, produsen supercar hanya mengizinkan mobil buatan mereka diservis di beberapa bengkel saja. Hal ini untuk menjaga kualitas dari mobil berperforma tinggi tersebut.

Salah satu mobil yang wajib mendapat perlakuan istimewa saat servis adalah Ford GT. Dilansir dari jalopnik, Senin 18 Juli 2016, hanya ada beberapa bengkel resmi Ford yang diizinkan untuk menyediakan layanan servis Ford GT.

Melihat Lebih Dekat Supercar Harga Rp3 Miliar Milik BYD

Syarat utama yang harus dipenuhi bengkel tersebut adalah ruangan khusus untuk setiap Ford GT yang akan diservis. Ruangan itu hanya boleh dimasuki oleh teknisi yang telah mendapat pelatihan.

Selain itu, pihak bengkel juga harus menyediakan alat khusus untuk mengangkat bodi mobil yang terbuat dari serat karbon. Mereka juga wajib menyediakan truk khusus untuk membawa mobil dari rumah pemilik.

Terpopuler: Harga Mazda CX-3 Facelift, BYD Luncurkan Supercar Rp1,3 Miliar

Tidak tanggung-tanggung, truk tersebut harus memenuhi beberapa spesifikasi sesuai standar Ford. Harga sewa truk itu disebut-sebut mencapai US$30 ribu, atau setara dengan Rp393 juta.

Pihak bengkel juga diminta menyediakan satu orang penanggung jawab yang bisa dihubungi setiap saat. Orang tersebut bertugas memastikan Ford GT yang akan diservis tersimpan di dalam ruangan khusus dan menutupnya dengan selimut khusus.

Ruangan itu juga harus bersih dan steril setiap saat. Teknisi yang sudah dilatih sebelumnya hanya diperbolehkan melakukan servis ringan, seperti mengganti oli dan kampas rem.

Jika mobil harus turun mesin atau butuh perbaikan yang rumit, maka Ford akan menerbangkan tim khusus dari Kanada.

Tim ini terdiri dari beberapa orang yang setiap hari terlibat dalam proses perakitan mobil tersebut. Merek juga telah dilatih untuk melakukan perbaikan di rumah pemilik mobil.

Dan bila kerusakan yang dialami mobil cukup parah, maka mobil akan diterbangkan ke pabrik perakitan Ford GT yang ada di Kanada.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya