Ini yang Bikin Daihatsu Sigra Irit BBM

Tampak belakang Daihatsu Sigra.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Bocoran soal mesin mobil murah ramah lingkungan (low cost green car atau LCGC) terbaru Daihatsu Sigra sampai sekarang memang belum terkuak.

Daihatsu Gran Max Baru Bakal 'Lahir' di Sunter, Ada Tapinya

Kabarnya, Sigra akan mengadopsi mesin yang sama seperti Toyota Calya. Ya, adik Xenia ini akan menawarkan dua pilihan mesin berkapasitas 1.000cc dan 1.200cc.

Namun, dari bocoran tampak belakang mobil tersebut, bisa diketahui teknologi apa yang diusung oleh mesin Sigra. Ada logo yang bertuliskan Dual VVT-i (Variable Valve Timing with Intelligent), tepat di bawah tulisan Sigra.

Harga Mobil Baru Toyota per Mei 2020, Calya Naik Rp1 Juta

Fungsi dari Dual VVT-I ini adalah untuk mengatur buka tutup katup pada ruang bakar secara elektronik. Toyota mengklaim, teknologi ini mampu memberikan tenaga lebih besar, namun dengan pemakaian bahan bakar yang lebih sedikit.

Menurut Technical Service Division PT Toyota Astra Motor (TAM), Iwan Abdurahman, dengan teknologi VVT-i, waktu bukaan katup bisa disesuaikan dengan kebutuhan mesin. Secara teori, fitur ini dapat menghemat pemakaian bahan bakar 5-10 persen.

Mulai April 2020 Daihatsu Pangkas Produksi Mobil Baru di Indonesia

Sistem ini awalnya diaplikasikan pada katup masuk (intake) saja. Namun seiring perkembangan, katup buang (exhaust) pun juga dipasang perangkat canggih ini.

Sekedar informasi, fitur Dual VVT-i awalnya diperkenalkan Toyota dan Daihatsu pada duet mobil multi purpose vehicle (MPV) Grand New Avanza dan Great New Xenia.

Rencananya, Sigra dan Calya akan resmi meluncur awal Agustus 2016 mendatang. Dua mobil ini akan bersaing ketat dengan Datsun GO+.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya