Gaikindo Pede Penjualan Mobil 2016 Tembus 1,05 Juta Unit

Pameran otomotif GIIAS 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Jeffry Yanto

VIVA.co.id – Industri otomotif di awal 2016 memang tampak masih lesu. Namun, memasuki akhir semester, penjualan mobil tampak mulai bergairah. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia  (Gaikindo) memprediksi penjualan hingga akhir tahun dapat mencapai 1.050.000 unit.

Hanya 2 Merek Motor yang Hadir di GIIAS 2021, Apa Saja?

Menurut Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi, angka tersebut merupakan jumlah penjualan secara keseluruhan yang didata dari para agen tunggal pemegang merek di Indonesia. Kata dia, angka ini diharapkan akan lebih tinggi dari tahun lalu yang hanya tercatat 1.013.000 unit.

“Kalau kami lihat, walaupun market-nya sedikit membaik, tapi kita enggak bisa ekspektasi terlalu tinggi juga,” ujar Yohannes saat ditemui di acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 di ICE, BSD, Tangerang Selatan.

Pameran GIIAS 2021 Diundur, Ini Jadwal Barunya

Yohannes pun menyampaikan, pameran berskala international seperti GIIAS 2016, memang bukan menjadi ajang untuk mendongkrak penjualan dengan sangat tinggi, namun hal itu tetap diharapkan dapat memengaruhi angka penjualan mobil tahun ini.

Dan benar saja, dari transaksi sementara di GIIAS hingga Sabtu 20 Agustus 2016, setidaknya telah terjual lebih dari 15 ribu kendaraan. Padahal angka ini bukan data secara keseluruhan hingga akhir pameran GIIAS yang ditutup pada Minggu 21 Agustus 2016.

Pameran GIIAS 2021 Siap Digelar, Segini Luas Areanya

Oleh karena itu, Yohannes sendiri optimis, di tahun ini penjualan otomotif mencapai target.  Pasalnya,  sampai pertengahan Juni 2016 setidaknya 530 ribu unit mobil terjual. Namun Yohannes mengakui, di bulan Juli, penjualan sedikit menurun karena banyak hari libur termasuk Lebaran.

“Tapi bulan Agustus ini, dengan adanya GIIAS diharapkan naik cukup banyak untuk menutupi penjualan yang kurang di bulan Juli,” katanya.

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022