Kesalahan Manusia Jadi Penyumbang Terbesar Kecelakaan di RI

Mobil-mobil yang terlibat kecelakaan di Tol Cipali.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Pertumbuhan kendaraan bermotor yang terus meningkat, membuat kondisi jalanan semakin rawan. Oleh sebab itu, pengguna mobil atau motor diimbau terus waspada, jika tidak ingin terjadi kecelakaan.

Wapres Minta Pihak-pihak Terkait Koreksi Kesalahan dalam Tabrakan Kereta di Cicalengka

Product Development Specialist Asuransi Astra, Vivi Evertina mengatakan, kendaraan bermotor menjadi salah satu penunjang aktivitas manusia. Jadi tidak heran, setiap tahun jumlah mobil bertambah sekitar satu juta unit dan motor 6-7 juta unit.

Menurutnya, meningkatnya jumlah kendaraan bermotor juga dibarengi naiknya angka kecelakaan lalu lintas.

Klaim Asuransi Kendaraan Saat Ini Tidak Lagi Ribet

"Kecelakaan mobil menjadi nomor tiga terbesar dari jumlah kematian di Indonesia, setelah jantung dan stroke. Penyebab kecelakaan 66 persen adalah human error," ujarnya saat ditemui di  Jakarta Selatan.

Ia menambahkan, sebenarnya risiko kecelakaan itu bisa dikelola. "Untuk manajemen risiko ada beberapa cara, yang pertama eliminasi. Misalnya, lebih baik jangan mempunyai mobil kalau tidak mau kecelakaan," jelasnya.

How to Avoid Car Accidents by Human Error During Eid Homecoming Trip

Selain itu, menghindari risiko itu bisa dilakukan dengan cara lebih hati-hati dan waspada saat berada di jalan. Yang ketiga, prepare the worst case, yakni dengan membeli produk asuransi.

Idham Holik, Anggota KPU RI.

KPU Klaim Salah Input Data Pemilu di Sirekap karena Kesalahan Manusia dan Sistem

KPU RI mengakui kesalahan menginput data dalam Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) karena kesalahan manusia (human error) hingga kesalahan sistem.

img_title
VIVA.co.id
20 Februari 2024