Calya Langsung Jadi Tulang Punggung Penjualan Toyota

Toyota Calya di Jalanan Bandung
Sumber :
  • Dok. TAM

VIVA.co.id – Angin segar sedang dirasakan PT Toyota Astra Motor (TAM), selaku agen tunggal mobil Toyota di Indonesia. Bagaimana tidak, penjualannya di Agustus 2016, mengalami kenaikan sebesar 67,1 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Harga Mobil Baru Toyota per Mei 2020, Calya Naik Rp1 Juta

Di Agustus lalu, Toyota berhasil menjual sebanyak 36.041 unit. Jumlah tersebut, juga membuat Toyota mengumpulkan market share sebesar 37,8 persen.

Menurut Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto, pencapaian Toyota pada bulan lalu, jauh lebih baik dibandingkan dengan pertumbuhan otomotif nasional. Kata Henry, Agustus lalu, pasar ritel nasional membukukan penjualan 95.227 unit, atau tumbuh 52,5 persen.

Avanza Sudah Kalah Laris dari Calya, Apa Kata Toyota

“Angka ini terdorong adanya produk baru di segmen entry MPV (Multi Purpose Vehicle), yaitu Calya dan Sigra, sehingga segmen ini naik hampir delapan kali lipat menjadi 13.208 unit,” kata Henry dalam keterangan tertulis, Senin 19 September 2016.

Sepanjang Agustus 2016, Henry mengklaim, hampir semua segmen kendaraan Toyota, baik kendaraan penumpang (passenger car) maupun kendaraan niaga (commercial vehicle) menorehkan pertumbuhan yang cukup signifikan.

Penjualan Mobil LCGC Terfavorit Ini Merosot

Di segmen passenger car, Toyota didorong penjualan ritel (diler ke konsumen) baik di segmen MPV tumbuh 108,7 persen, SUV sebanyak 21,4 persen, dan compact car naik 3,9 persen.

Untuk MPV, Toyota angka ini mencetak rekor penjualan ritel tertinggi sepanjang tahun. Tercatat, pada bulan lalu, sebanyak 25.368 unit jauh lebih tinggi dari rata-rata bulanan sebanyak 18 ribu unit. Pencapaian itu menjadikan market share Toyota di segmen MPV melejit menjadi 58,5 persen.

Salah satu pendongkraknya, karena hadirnya entry MPV Calya, dengan berhasil menjual ke konsumen sebanyak 8.266 unit. Tak hanya itu, mobil sejuta umat, Avanza juga  naik 28,9 persen menjadi 9.762 unit, dengan market share 39,6 persen sepanjang Agustus lalu.

Sementara itu, All New Sienta, yang juga baru diluncurkan beberapa bulan lalu, di Agustus lalu tren penjualan kearah positif dengan total ritel sebanyak 2.352 unit.

MPV lainnya, yakni Kijang Innova naik 31,1 persen, dengan volume sebanyak 4.599 unit dan pangsa pasar sebesar 96,9 persen. Untuk segmen premium MPV, Toyota Alphard tumbuh 67,8 persen dengan volume sebanyak 349 unit.

Untuk SUV, peningkatan di Agustus, karena adanya Rush dan Fortuner. Dua model tersebut membuat Toyota mampu membukukan penjualan SUV sebanyak 4.306 unit.

Di segmen compact car, tercatat penjualannya sampai 4.804 unit atau tumbuh sekitar 3,9 persen dibandingkan dengan pencapaian pada bulan sebelumnya sebanyak 4.622 unit.

Sedangkan untuk kendaraan niaga disumbangkan Hilux, Dyna, dan commercial van HiAce juga mengalami pertumbuhan, dengan total penjualan 1.067 unit atau naik 39,5 persen dibandingkan dengan Juli 2016. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya