Cegah Mobil Mogok dengan Merawat Dinamo Ampere

Dinamo ampere atau alternator.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dian Tami

VIVA.co.id – Alternator atau dinamo ampere merupakan alat yang berfungsi mengubah energi mekanik atau energi gerak menjadi energi listrik. Energi listrik yang dihasilkan disalurkan ke aki dan semua perangkat elektronik yang ada di mobil.

Cara Mudah Dongkrak Performa Mobil, Ada di IIMS 2024

Jika dinamo ampere mengalami kerusakan, maka bisa dipastikan mesin mobil akan sudah dihidupkan. Hal ini karena dinamo starter butuh listrik dengan daya besar, sementara aki tidak mendapat pasokan listrik yang dibutuhkan dari dinamo ampere.

Itu sebabnya, pemilik mobil disarankan memeriksakan kondisi dinamo ampere, agar mobil dapat berfungsi dengan normal.

PLN Padamkan 4 Gardu HIndari Warga dari Potensi Sengatan Listrik di Lokasi Banjir Grobogan

"Sebaiknya dicek enam bulan sekali untuk dinamo, apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Nila bermasalah, tentu dapat mengakibatkan mobil mogok," kata pemilik bengkel khusus servis dinamo Angkasa Teknik, Supardi, kepada VIVA.co.id di Jakarta.

Untuk membuat dinamo ampere tahan lama, Supardi memberikan tips  merawat komponen tersebut.

PLN Indonesia Power Sinkronisasi BMPP Nusantara 1 ke Sistem Ambon, Pasokan Listrik Tambah 10 MW

Pertama, pastikan kabel aki terpasang dengan benar. Ketika mengganti aki mobil dengan yang baru, pastikan terminal aki tidak terbalik, untuk mencegah kerusakan komponen listrik.

Kedua, periksa kekencangan sabuk (belt) dinamo starter. Hal ini hanya berlaku pada mobil yang masih menggunakan pengaturan sabuk secara manual.

Terakhir, periksa kondisi dinamo ampere secara berkala. Jika Anda gemar memasang perangkat aksesori yang menyedot banyak energi listrik, ada baiknya dinamo ampere diperiksa kemampuannya. Bila daya yang dihasilkan lebih rendah dari yang dibutuhkan, maka aki bisa soak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya