Kaca Film Silver dan Hitam Beda Kemampuan?

Pemasangan kaca film.
Sumber :
  • Jeffry Yanto/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Fungsi utama kaca film adalah untuk mereduksi panas dan bahaya sinar ultra violet (UV) yang dipancarkan matahari. Berdasarkan warnanya, umumnya kaca film yang beredar di pasaran terbagi menjadi dua, yakni perak (silver) dan hitam.

Tips Memilih Kaca Film Terbaik untuk Mobil Anda

Pemilik toko Ans Variasi Film, Rudi mengatakan, soal kemampuan menolak panas dan sinar UV, kedua warna memiliki level yang sama. Produsen sengaja menghadirkan dua warna berbeda, agar konsumen bisa memilih sesuai dengan selera dan serasi dengan tampilan mobil.

"Warna silver biasanya digunakan untuk mobil yang mempunyai warna terang, seperti merah. Sedangkan hitam biasanya digunakan untuk mobil warna silver, hitam dan putih. Tapi, kembali lagi ke selera sih," ujarnya kepada VIVA.co.id, Jumat 21 Oktober 2016.

Cara Menjaga Suhu Kabin Mobil Agar Tidak Panas

Sementara itu, pemilik toko Mulia Film di MGK, Kemayoran, Jakarta, Wandi mengatakan, kegelapan dari kaca film itu biasa disebut visible light transmission atau VLT. Terkait dengan warna, kata dia, baik silver maupun hitam secara umum tidak ada perbedaan dalam hal VLT.

"Warna silver itu memang seperti cermin, cahaya dan panas seolah memantul. Tidak seperti warna hitam, yang sifatnya menyerap panas. Meski begitu, tidak terlalu pengaruh banyak," ujarnya menjelaskan.

Kaca Film Ini Bisa Melindungi Layar Instrumen Mobil

Satu-satunya faktor yang memengaruhi kemampuan mereduksi panas dan sinar VLT, ungkap Wandi, adalah tingkat kegelapan kaca film. Semakin pekat warnanya, maka semakin tinggi kemampuannya.

(mus)

Roof Box Jawsport

Nyari Roof Box Mobil untuk Mudik Lebaran di IIMS 2024, Cek Harganya

Jawsport meluncurkan beberapa produk terbarunya untuk roof box, roof rack dan crossbar pada ajang IIMS 2024. Harganya mulai dari Rp4 jutaan dan tersedia beragam ukurannya

img_title
VIVA.co.id
18 Februari 2024