Cek Bagian Ini Jika Ingin Mobil Awet

Bersihkan kolong mobil secara berkala.
Sumber :
  • viva.co.id/Dian Tami

VIVA.co.id – Kolong mobil merupakan salah satu bagian yang jarang diperhatikan para pemilik kendaraan. Sebab, letaknya tidak mudah terlihat saat sedang membersihkan mobil.

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Padahal, bagian ini penting untuk diketahui kondisinya. Karat dan keropos paling sering muncul di kolong mobil, akibat selalu bersentuhan langsung dengan air dan kotoran yang ada di jalan.

Kepala bengkel WSW Car Body Repair and Paint Specialist, Rudi mengatakan, pemilik kendaraan dapat mengetahui adanya karat, apabila mengeceknya secara langsung.

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

"Memang harus dicek secara langsung. Apabila memang benar ada karat, harus cepat diperbaiki, agar tidak sampai keropos," katanya kapada VIVA.co.id, Senin, 31 Oktober 2016.

Rudi menjelaskan, bagian bawah bodi mobil yang berkarat bisa dibersihkan dengan cara didempul. Sebelumnya, karat digosok hingga bersih.

Ini Solusinya untuk Antisipasi Kaca Mobil yang Rawan Berjamur

Setelah permukaan bersih, kemudian diberi dempul untuk mengisi pori-pori bodi. Kemudian permukaan tersebut dicat dan diberi lapisan antikarat.

"Memang harus digosok dan didempul ulang kalau karatan. Tapi kalau sudah keropos, sudah enggak bisa lagi, harus diganti. Karena itu, harus cepat diatasi, sebelum keropos. Harus rajin cek kolong mobil," ujar Rudi.

Cara mudah memeriksa kolong mobil adalah saat berada di tempat pencucian mobil. Ketika mobil diangkat dengan alat hidrolik dan telah selesai dibersihkan, sempatkan melongok ke bagian bawah mobil.

Dengan kondisi bodi mobil yang mulus bebas karat, tentu hal ini akan membuat usia mobil bertambah panjang. Jika ingin dijual, pembeli juga tidak ragu menawar dengan harga di atas rata-rata.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya