Mobil Pedesaan Karya Anak Bangsa Bakal Dijual Murah

Mobil pedesaan yang pernah dipamerkan di IIMS 2010 lalu. Ilustrasi.
Sumber :
  • Gustomobil

VIVA.co.id – Kementerian Perindustrian terus berupaya mengembangkan kendaraan baru yakni mobil pedesaan. Pengembangannya saat ini masih dalam tahap pembuatan prototipe.

Mobil Konsep Ini Bikin Penumpang Berasa di Kamar Hotel

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengatakan, prototipe mobil pedesaan yang dibuat kementeriannya itu nantinya bisa dikembangkan oleh bengkel-bengkel yang ada di pedesaan.

"Jadi nanti kita lempar prototipenya, jadi silakan yang mau produksi. Nanti bisa diproduksi di pedesaan melalui bengkel-bengkel, tetapi nanti critical equipment-nya salah satu produsen," kata Airlangga di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Selasa, 29 November 2016.

Kerennya 5 Mobil Konsep Daihatsu di Japan Mobility Show 2023

Saat disinggung mengenai harga, dia menegaskan bahwa pihaknya belum tahu pasti mobil pedesaan itu akan dibanderol berapa. Sebab sejauh ini Kemenperin masih memfokuskan diri terhadap pengembangan desain prototipe mobil pedesaan.

Yang pasti, kata dia, mobil pedesaan akan dibanderol dengan harga yang terjangkau yakni di bawah Rp100 juta. Agar mobil tersebut bisa dimiliki para petani sebagai alat angkut serta untuk mengolah hasil pertanian yang dapat disesuaikan dengan daerah penghasil.

Terpopuler Otomotif: Harga Hyundai Ioniq 6 di Indonesia, Daftar Mobil Konsep di GIIAS 2023

"Harganya terjangkau, nah siapa yang menjangkau akan kita lihat nanti. Sekarang masih dalam tahap perencanaan," ujarnya menambahkan.

Dia memastikan, mobil pedesaan merupakan kendaraan karya anak bangsa. Tak ada kerja sama yang dilakukan dengan negara lain dalam membuat mobil pedesaan. Untuk desainnya sendiri, kata dia, kerja sama antar kementerian dan Institut Otomotif Indonesia. "Desain rampung paling lama satu tahun," katanya.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya