Colokan di Bawah Setir Mobil Ini Punya Fungsi Penting

Colokan On-Board Diagnostic.
Sumber :
  • Nissanhelp

VIVA.co.id – Melakukan servis sesuai aturan yang ditetapkan pabrikan wajib dilakukan, agar kondisi mobil tetap prima.

Keren, Layanan Servis Mobil Mercedes-Benz Kurang dari Satu Jam

Berbeda dengan zaman dulu, mobil-mobil keluaran terbaru kini sudah dibekali dengan komputer. Fungsinya adalah untuk memantau semua sensor dan menjaga kinerja mesin sesuai standar.

Selain itu, komputer berfungsi sebagai pusat informasi, jika ada komponen yang bermasalah. Saat servis, mekanik akan menghubungkan laptop yang mereka bawa ke komputer mobil.

Sekali Servis Lamborghini Bisa Buat DP Rumah

Umumnya, colokan penghubung yang dinamakan On-Board Diagnostic II itu terletak di bawah setir mobil. Semua mobil berteknologi injeksi sudah menyediakan fitur ini.

Technical Service Division PT Toyota Astra Motor, Iwan Abdurahman mengatakan, proses diagnosis yang mereka lakukan melalui komputer tidak hanya sebatas memantau kondisi mesin.

Lagi Diservis, Muncul Hal Mengejutkan dari Kabin Mobil Ini

"Karena, sekarang semua sistem kelistirkan di mobil, termasuk mesin dan transmisi, bisa dicek di laptop. Kalau di Toyota, nama programnya GPS Global Pacstring," ujarnya kepada VIVA.co.id di Jakarta.

Selain mengecek kondisi melalui laptop, mekanik juga bisa mengubah tinggi rendah putaran mesin saat langsam. Pada mobil zaman dulu, hal ini dilakukan dengan cara memutar baut yang ada pada karburator.

Selain bengkel resmi, beberapa bengkel umum juga memiliki alat serupa. Bahkan, jika komputer mobil sudah diganti dengan produk aftermarket, mekanik bisa mengatur ulang performa mesin.

Contohnya, mobil bisa dibuat lebih irit atau boros bahan bakar, tergantung kebutuhan. Komputer juga bisa diatur untuk mendapatkan tenaga di putaran bawah atau atas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya