Kaca Film Butuh Perawatan Khusus?

Pemasangan kaca film.
Sumber :
  • Jeffry Yanto/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Meski jenisnya adalah aksesori, namun kaca film saat ini sudah terpasang pada setiap mobil baru yang dijual ke konsumen.

Nyari Roof Box Mobil untuk Mudik Lebaran di IIMS 2024, Cek Harganya

Hal ini dikarenakan kaca film dianggap ampuh untuk membuat kabin mobil tetap sejuk dan nyaman. Bahkan, Direktur PT Maxpro Adi Perkasa, Andre Susanto mengklaim, penggunaan kaca film bisa menghemat konsumsi bahan bakar minyak.

"Ketika cuaca panas, kompresor AC bekerja terus. Itu yang bikin bahan bakar boros. Itu yang bikin kaca film bagus hemat bahan bakar, korelasinya lebih ke arah situ," kata Andre di Kawasan Senayan, Jakarta, Jumat 9 Desember 2016.

Tips Memilih Kaca Film Terbaik untuk Mobil Anda

Kata dia, bila menggunakan kaca film, tentu kondisi suhu kabin mobil akan lebih sejuk. Karena, panas matahari akan dipantulkan oleh kaca film.

"Dengan kabin yang lebih sejuk, kita bisa mengatur AC pada angka yang lebih besar. Misalnya, tanpa kaca film AC diatur pada suhu 22 Derajat Celcius. Jika pakai kaca film, suhunya bisa hanya 24-25 saja,” ungkapnya.

Cara Menjaga Suhu Kabin Mobil Agar Tidak Panas

Andre juga mengatakan, secara umum kaca film tidak memerlukan perawatan khusus. Pemilik mobil hanya perlu sesekali menyekanya dengan lap bersih.

Selain memakai cairan khusus pembersih kaca, pemilik mobil juga bisa menggunakan sampo bayi. Ini diperbolehkan, karena kandungan yang ada di sampo bayi tidak berbahaya untuk kaca film.

AC mobil (Ilustrasi).

Satu Keluarga Keracunan AC Mobil hingga Tewaskan 1 Orang, Ini Tips Mencegahnya

 Keracunan udara akibat Air Conditioner (AC) mobil kembali terjadi, bahkan menelan korban jiwa satu orang. Ada beberapa cara untuk menghindari keracunan gas ac mobil itu.

img_title
VIVA.co.id
2 April 2024