Mengenal Lebih Dekat Mesin e-Power Andalan Nissan

Nisan Note dengan sistem penggerak e-Power
Sumber :
  • VIVA.co.id/Toto Pribadi

VIVA.co.id – Sebuah kesempatan yang langka saat VIVA.co.id dapat melihat secara langsung mobil yang telah ditanami sistem penggerak e-Power. Terobosan yang belum lama diluncurkan produsen mobil Jepang ini tertuang dalam Nissan Note.

Konsumen Bisa Jajal Langsung Wuling Cloud EV di PEVS 2024

Kesempatan ini didapat saat Nissan menggelar Technology Tour ke Negeri Sakura. Dalam kunjungan ke Nissan Crossing, Senin 12 Desember 2016, beberapa jurnalis termasuk VIVA.co.id dapat melihat langsung mobil yang telah ditanami sistem penggerak e-Power ini.

Untuk menyegarkan ingatan kembali, tentu tak salah untuk sedikit mengulas mengenai sistem penggerak e-Power ini. Meminjam teknologi mobil listrik yang telah ditanamkan pada Nissan LEAF, sistem penggerak ini berhasil dilahirkan Nissan.

Toyota Starlet Bakal Dihidupkan Lagi sebagai Mobil Listrik, Begini Tampangnya?

Sebagai catatan, LEAF menjadi mobil listrik terlaris setelah sukses membukukan penjualan lebih dari 250 ribu unit sejak pertama diluncurkan.

PLN Sebut Tak Semua Tiang Listrik Bisa Dijadikan SPKLU Kendaraan Listrik, Ini Alasannya

Namun, tidak seperti LEAF yang murni mobil bertenaga listrik, e-Power menggunakan mesin yang akan menyediakan tenaga untuk mengisi baterai. Jadi baterai yang akan tetap bertugas menggerakkan roda.

Komponen e-Power terdiri atas mesin bensin, generator tenaga, dan sebuah motor.

Gampangnya, meski menggunakan tenaga listrik untuk menggerakkan roda, mobil yang mengusung teknologi ini tak perlu dicas dari luar. Yang tak kalah unik, dengan e-Power Drive mode juga memungkinkan sang pengendara melakukan akselerasi atau deselerasi hanya dengan menggunakan pedal gas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya