Begini Posisi Ideal Kaki Kiri Saat Gunakan Mobil Matik

Pedal pada mobil matik
Sumber :
  • onehowto

VIVA.co.id – Jika pernah menjajal mengemudikan mobil transmisi matik dengan kedua kaki, pasti jawabannya tidak enak. Sebab, umumnya mengendarai mobil matik yang mengatur pedal gas dan rem hanya kaki kanan saja. Lantas dimana idealnya peletakan kaki kiri yang sesuai dengan peraturan mengemudi?

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Menurut Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDCC), kaki kiri untuk mobil matik sebaiknya ada di floor board. Kata dia, posisi selonjoran sebaiknya tidak lebih dari 90 derajat.

"Makanya pabrikan memberikan foot rest di mobil matik, karena untuk tempat kaki kiri yang tidak bekerja,” ujar Jusri kepada VIVA.co.id.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Bagi dia, jika mobil memang tidak ada foot rest usahakan kaki tetap di area floor board. Lanjut dia, jangan terlalu menekuk atau meletakan sembarangan, misalnya menekuk kaki di kursi karena letih karena itu berbahaya.

"Jika terlalu menekuk peredaran darah jadi kurang lancar dan dalam perjalanan jarak jauh pasti terasa cepat letih. Makanya tetap tidak terlalu menekuk," kata Jusri.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Pria yang hobi balap ini menuturkan, memang di peraturan safety driving penggunaan kaki kiri untuk menginjak pedal rem diharamkan, sebab tenaga kaki kiri lebih besar.

Trainer Nissan College PT Nissan Motor Indonesia (NMI), Sugihendi, menganjurkan hal yang sama. Dia menyarankan kaki kiri istrahat di foot rest.

"Sebaiknya di posisi lain enggak disarankan di safety driving, kalau enggak ada foot rest tetap posisi kaki kiri di area pedal," lanjut Sugihendi.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya