Hadapi Ertiga Terbaru, Honda Tertarik Bikin Mobilio Diesel?

New Honda Mobilio.
Sumber :
  • Yasin Fadilah/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Perkembangan teknologi mobil bermesin diesel yang semakin canggih, membuat produsen mobil asal Jepang, Suzuki, berniat memasarkan Ertiga diesel di Tanah Air. Rencananya, peluncuran akan dilakukan pada bulan Februari 2017 mendatang. 

Honda Tegaskan Masih Jual Mobilio, Cuma Buat Taksi?

Jika benar terjadi, langkah ini tentunya akan menjadikan Suzuki sebagai pelopor di segmen new entry-level, khususnya mobil MPV diesel. Banyak pihak tentunya penasaran, apakah rencana Suzuki menghadirkan Ertiga diesel akan membuat Honda juga menghadirkan Mobilio bertipe diesel?

Menjawab hal itu, Marketing and After Sales Service Director PT HPM, Jonfis Fandy mengatakan, hadirnya mobil MPV diesel tak serta merta membuat pihaknya latah. 

Honda Mobilio Hilang dari Daftar Penjualan, Setop Produksi?

"Enggak ya, kenapa beli diesel? Kalau dahulu ada subsidi, diesel memang satu sisi punya keuntungan, tapi diesel kan harganya lebih mahal. Mahalnya lebih Rp20 jutaan. Kalau Rp20 juta itu bagi bensin selama tiga tahun, ya mahal hitungannya, kan sama saja," kata Jonfis di Jakarta.

Selain itu, pajak juga akan lebih tinggi daripada mobil bensin yang selama ini banyak beredar di jalanan Indonesia. Kendati demikian, Jonfis mengakui kehadiran mobil diesel akan mengisi segmen baru di kelas MPV, dan membuat masyarakat semakin banyak pilihan. "Pilihan konsumen akan jadi banyak, tapi itu tadi, jadi lebih mahal juga kan konsumsinya," ujarnya. 

Honda Kabarnya Bakal Luncurkan Mobil Baru di IIMS 2022

Selama ini, menurut survei yang telah dilakukan oleh Honda, konsumen di kelas entry-level lebih tertarik untuk memilih mesin bensin dibandingkan diesel. "Segmennya ada, tapi ya, tapi belum ya. Kalau di Eropa kan diesel putih, beda dengan di sini yang menggunakan diesel nelayan juga," tuturnya.

Honda Brio Satya di GIIAS 2021.

Harga Terbaru Honda Brio Usai Kena Diskon PPnBM di 2022

Honda Proscpect Motor (HPM) selaku agen pemegang merek (APM) Honda di Indonesia, telah mengeluarkan harga terbaru untuk Honda Brio yang kena PPnBM lagi.

img_title
VIVA.co.id
22 Februari 2022