Esemka Belum Juga Meluncur, Ada Apa?

Pengecekan mobil Esemka sebelum dipamerkan.
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Sodiq

VIVA.co.id – Proyek mobil Esemka terus bergulir. Mereka berencana akan merilis produk mobil cita rasa nasional itu dalam waktu dekat. Menurut PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH), selaku produsen Esemka, segala persiapan masih terus dikebut jelang peluncuran.

Mobnas Vietnam Siap Mendunia, Esemka Bagaimana?

Sebelumnya Managing Director PT ACEH Hosea Sanjaya menyatakan akan merilis Esemka pada Agustus 2016 lalu. Namun batal. Kata Hosea, penundaan peluncuran dilakukan karena sejumlah hal. "Iya ada yang harus dibereskan terlebih dahulu. Sekarang kami sedang penataan internal," kata Hosea saat ditemui di Cibubur, Jakarta Timur.

Pihaknya memang tak mau terburu-buru merilis produk karena ingin melakukan penguatan internal. Hal itu terkait soal investasi dan berbagai macam persoalan lainnya. Ia juga mengaku fokus soal Sumber Daya Manusia-nya agar Esemka tak hanya terkenal sesaat saja.

3 Mobil Buatan Anak Bangsa yang Tak Kunjung Diluncurkan

"Dari produk kami sudah pilih, perusahaan kami juga, kalau pabrik kan kami harus menata, berapa besar kapasitas, setelah itu bagaimana investasinya, siapa pemegang sahamnya, jadi kami sinkronkan," ujar Hosea.

Selanjutnya>>> Harga mobil Esemka

Lihat Mobil Ini Diangkut Polisi, Netizen Sebut Gaib

Harga murah

Sebelumnya, Hosea menyebut jika mobil pertama yang akan dirilis di Indonesia berjenis pikap. Mobil itu akan dijual dengan banderol di bawah Rp100 juta. 

"Iya, kami memiliki rencana menghadirkan dua varian, 1.000cc dan di atas 1.000cc. Kalau detailnya, nanti saat launching akan dijelaskan," kata Hosea kepada VIVA.co.id.

Saat disinggung apakah Esemka juga akan meluncurkan mobil penumpang, Hosea mengaku punya rencana seperti itu. Namun ia enggan mengungkapkan lebih detail, kapan dan jenis mobil penumpang apa yang akan diluncurkan. "Kemudian (meluncurkan mobil penumpang). Tunggu saja, kami saat ini sangat fokus mengembangkan Esemka," ujar Hosea.

Esemka sedianya akan diproduksi di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. Di sana, mobil pedesaan Esemka akan dirakit. Pabrik Cileungsi akan beroperasi terlebih dahulu, sementara pabrik Esemka di Boyolali bersifat mendukung.

Sebagai informasi, pabrik Esemka di Cileungsi adalah pabrik perakitan mobil asal Tiongkok, Geely. Pabrik ini menempati lahan seluas 40 hektare. Rencananya, pabrik tersebut akan memproduksi 30 ribu unit mobil Esemka setiap tahunnya. (hd)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya