JR Connexion, Bus Mewah untuk Warga Pinggiran Jakarta

Bus JR Connexion.
Sumber :
  • Kemenhub

VIVA.co.id – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi hari ini siap merilis bus Jabodetabek Residence (JR) Connexion yang diinisiasi Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ). Peluncuran dilakukan di ITC Mangga Dua Jakarta, Selasa, 14 Februari 2017. 

2 Angkot Biru Ini Jadi Viral di Media Sosial

Menurut menhub, JR Connexion merupakan terobosan baru pemerintah untuk mengurangi kemacetan lalu lintas di daerah penyangga Ibu Kota Jakarta. Dengan begitu, diharapkan banyak pemilik kendaraan yang berdomisili di wilayah Bekasi, Depok, Bogor, dan Tangerang beralih menggunakan transportasi itu.

"BPTJ lakukan riset, di mana masyarakat berharap adanya angkutan umum yang nyaman langsung ke tempat tujuan," kata Menhub Budi Karya, dalam keterangan resminya, di Jakarta.

Dishub DKI Akan Sanksi Warga yang Pasang Alat Peraga Kampanye di Angkutan Umum

Selama ini, kata Budi, 'share' angkutan umum dan kendaraan pribadi hanya 14 persen. Kementerian Perhubungan lewat BPTJ kemudian menargetkan agar keinginan publik untuk naik kendaraan umum bisa lebih tinggi, dan 'share'-nya bisa mencapai 40 persen pada 2019. Dengan begitu, angka kemacetan tentu dapat jauh berkurang.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Elly Adriani Sinaga mengatakan, masyarakat merespons positif dengan adanya JR Connexion. "Lewat survei BPTJ dengan responden lima persen, rata-rata dari Jabodetabek menunjukkan, prevensi masyarakat yang mau pindah ke angkutan premium sebanyak 76 persen. Artinya positif," ujar Elly.

Bisa Nyebrang Pulau dengan Kecepatan 200 Km/Jam, Segini Tarif Taksi Terbang di IKN

Antusiasme masyarakat untuk beralih ke angkutan umum, diakui Elly, cukup tinggi. Dengan catatan, sarana transportasi itu memadai dan nyaman. Hal itulah yang kemudian bakal menjadi prioritas pelayanan bus JR Connexion.

Selanjutnya>>> Tarif bus...

Tarif JR Connexion

Bus JR Connexion hanya akan mengangkut penumpang agar duduk di bangku yang disediakan. Artinya, tak akan ada penumpang yang berdiri. Terdapat bangku konfigurasi untuk dua penumpang dengan satu row sebanyak 11 baris, dan enam bangku di deret paling belakang yang cukup luas. Tak ada pula pegangan untuk penumpang berdiri.

"Belum lagi, tarifnya relatif terjangkau, yakni Rp20-25 ribu per orang," kata Elly.

Soal jadwal bus, JR Connexion akan diupayakan selalu tepat waktu mulai dari jadwal keberangkatan hingga kepulangan. Sebab, para penghuni perumahan, menginginkan moda transportasi umum yang mampu memberikan kepastian waktu perjalanan.

Wilayah keberangkatan Bus JR Connexion berada di Grandwisata (Bekasi), Bintaro Jaya (Bintaro), Bumi Serpong Damai (Serpong), Zam-zam Park (Bogor), dan Kota Wisata (Cibubur). Bus ini hanya akan berhenti di pusat kota seperti, FX Senayan, Blok M, dan kawasan Sudirman.

"Untuk pengoperasian awal, akan tersedia 17 armada bus JR Connexion yang siap melayani masyarakat," tutur Elly. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya