Setir Otomatis Mengunci, Tak Perlu Panik

setir mobil. Ilustrasi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto

VIVA.co.id – Dalam menggunakan kendaraan, terkadang pengemudi khususnya pemula akan kerap menghadapi beberapa masalah yang sebenarnya solusinya sederhana. Salah satunya setir mengunci dan membuat mobil sulit untuk dihidupkan.

Viral Mobil dari Jakarta Jalan-jalan Di China Jadi Sorotan, Kok Bisa?

Jika dilihat fungsinya, setir memang sangat penting karena dapat mengontrol gerakan kendaraan agar tak mudah menabrak. Yang jadi pertanyaan, kenapa dibuat seperti demikian?

Menjawab hal itu, Kepala Bengkel Daihatsu Astrido Cikarang, Subur Triyanto mengatakan, pada dasarnya diaturnya setir mengunci saat kendaraan mati untuk menjaga keamanan mobil.

Setir Mobil Pakai Satu Kaki dan Tangan, Keisya Levronka Tuai Sorotan: Bukan Contoh yang Baik!

"Itu untuk keamanan, saat kendaraan mati dan setir dibelokkan sedikit langsung mengunci. Sehingga, mobil tidak bisa dikendarai," katanya kepada VIVA.co.id.

Subur menuturkan, kondisi tersebut memang sudah diatur oleh pabrikan kendaraan. "Tapi, itu bisa digunakan saat waktu tertentu. Di mana, seharusnya posisi switch kunci kontak kendaraan sedang lock, ACC dan on," ujarnya.

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

"Ditambah posisi ban tidak lurus, maka begitu kunci kontak dicabut dan cukup digeser ataupun digoyang steer sedikit saja, posisi langsung mengunci," tambahnya.

Begitu juga sebaliknya, Subur menjelaskan saat akan menyalakan mesin setelah mati, pengemudi harus melakukan 'goyangan' pada kunci kontak untuk mengembalikan setir ke posisi semula.

Ilustrasi mengemudi.

Kenali Teknik Memutar Setir Mobil yang Benar

Setir mobil merupakan salah satu komponen penting dalam berkendara, karena berfungsi untuk mengendalikan arah mobil. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui teknik memu

img_title
VIVA.co.id
29 Desember 2023