Canggihnya Taksi Terbang di Dubai, Benar-benar Nyata

Ehang 184 saat mengudara.
Sumber :
  • Ehang

VIVA.co.id – Dubai merupakan salah satu wilayah yang dikenal dengan pameo uang bukan masalah. Karena banyak penduduk yang kaya raya, banyak proyek kemudian digarap untuk memanjakan para warganya. Salah satunya yang terbaru, ada sebuah layanan transportasi dengan menggunakan drone, yang dapat mengangkut penumpang ke tujuan yang dikehendaki. Layanan ini disebut taksi terbang.

3 Mobil Terbang yang Siap Mengudara dan Sudah Bisa Dipesan

Dikonfirmasi oleh RTA, perusahaan penyedia jasa, saat menggelar konferensi pers di Dubai, layanan taksi terbang ini akan resmi diperkenalkan ke publik pada Juli 2017 mendatang. Sejumlah rangkaian uji coba sendiri sudah dilakukan sebelum benar-benar dirilis.

Dilansir Autoevolution, Kamis 16 Februari 2017, taksi terbang itu menggunakan armada bernama Ehang 184, sebuah drone Autonomous Aerial Vehicle (AAV) yang dirancang oleh sebuah perusahaan asal China. Sebelumnya, Ehang 184 AAV ini sudah diperkenalkan terlebih dahulu di ajang Consumer Electronic Show (CES) 2016 lalu.

Resmi Dapat Sertifikat, Mobil Terbang Siap Dijual Tahun 2024

Ehang 184 saat dipamerkan di CES 2016.

Ehang 184 saat dipamerkan di CES 2016. Foto: Dailymail.

China Bikin Mobil Terbang yang Harganya Terjangkau

Ehang 184 AAV diklaim pembuatnya merupakan solusi transportasi paling aman, cerdas, dan ramah lingkungan. Armada ini bisa terbang dengan ketinggian rendah dan bisa bergerak sendiri alias otonom, serta melayani penerbangan rute pendek untuk jarak maksimal 40 sampai 50 kilometer.

Diperkirakan, waktu operasional maksimal yang dibutuhkan untuk mencapai jarak demikian adalah 30 menit. Ehang 184 AAV dibekali baterai 17 kWh.

Ehang 184 saat dipamerkan di CES 2016.

Ehang 184 saat dipamerkan di CES 2016. Foto Dailymail.

Ehang 184 dapat terbang dengan kecepatan rata-rata 60 kilometer per jam (37,2 mph), dan terbang maksimal dengan ketinggian 3.500 meter di atas permukaan laut. Tenaga penggeraknya, delapan motor listrik yang bisa menyemburkan tenaga 152 kW atau 207 PS (204 bhp).

Bobot bersih taksi terbang ini 240 kilogram (529 pon), dan dapat mengangkut muatan 100 kilogram (220 pon). Setelah penumpang berada di atas taksi terbang, mereka hanya perlu memakai gesper pengaman dan menekan layar sentuh di depannya untuk menentukan tujuan.

Meski demikian, Ehang 184 saat ini masih terus dipantau dari sisi keamanan oleh pusat komando penerbangan. Di satu sisi, perusahaan memastikan, Ehang benar-benar sangat aman. Apabila sesuatu hal buruk terjadi, semisal satu set motor listrik mati, pesawat ini dikatakan masih tetap bisa beroperasi dan penerbangan tetap normal.

Sementara dalam kasus kerusakan besar, otak elektronik dari Ehang 184 akan segera memerintahkan pesawat tak berawak itu untuk segera mendarat di daerah terdekat agar memastikan keselamatan penumpangnya. Ehang juga sudah dilengkapi dengan pendingin ruangan, agar mendukung kenyamanan penumpang selama perjalanan.

Lihat videonya di bawah ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya