Penjualan Ban Hankook 'Ditolong' Mobil Murah Agya-Ayla

Pabrik PT Hankook Tire Indonesia
Sumber :
  • vivanews/Jihad Akbar

VIVA.co.id – Kehadiran mobil murah, atau Low Cost Green Car, Agya dan Ayla ternyata juga membawa berkah bagi merek ban Hankook. Larisnya penjualan dua mobil murah itu ikut mendongkrak penjualan ban asal Korea Selatan.

Cek 7 Komponen Ini Setelah Mobil Dipaksa Kerja Keras saat Mudik Lebaran

Ya, Hankook memang menjadi penyuplai ban untuk dua mobil murah tersebut. Hal itu diungkapkan langsung oleh Vice President Asia Pacific Sales Departement, Kim Sun-jung.

"Kami bekerja sama dengan APM (Agen Pemegang Merek). Suplai ban kami itu untuk Daihatsu dan Toyota produknya, yaitu Agya, Ayla, Sienta," katanya, Selasa 28 Februari 2017.

Waspada, Ini Tanda-tanda Ban Mobil Mau Pecah!

Terkait penjualan, Kim mengaku bila Hankook mampu menjual 700 ribu ban secara keseluruhan di Indonesia dalam waktu satu tahun. "Satu tahun untuk di Indonesia itu 700 ribu ban. Penjualan itu untuk keseluruhan. Kami sudah memiliki 76 gerai di seluruh Indonesia saat ini," ujarnya.

Selain memasok ban untuk Toyota dan Daihatsu di Indonesia, Hankook juga memasok ban untuk mobil merek Eropa, seperti BMW, Audi, Renault, dan Ford di luar pasar otomotif Tanah Air.

Tips Sederhana Hemat BBM saat Arus Balik Lebaran

"Tetapi, untuk Indonesia kami hanya itu (Toyota dan Daihatsu). Untuk merek lain ada di luar (negeri), seperti Amerika Serikat. Target peningkatan penjualan kami inginkan naik lebih dari lima persen untuk tahun ini," ujar Kim.

Mulai produksi di Indonesia pada 2013, Hankook saat ini memiliki dua pabrik yang terletak di Cikarang, Jawa Barat. Kapasitas keseluruhan pabrik mencapai enam juta unit. "Kami ada dua pabrik, satu pabrik kapasitasnya bisa enam juta unit. Jadi, kalau dua bisa mencapai 12 juta unit," kata Kim.

Meski memiliki pabrik di Indonesia, Hankook Tire lebih fokus untuk ekspor di berbagai negara ASEAN dan Eropa. Hal itu terbukti dengan penjualan ekspor yang mencapai 94 persen, dan skala nasional hanya enam persen. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya