Berapa Idealnya Batas Usia Sebuah Truk? Wajib Tahu

Truk Hino
Sumber :
  • www.iklanmax.com

VIVA.co.id – Kendaraan komersial memiliki beban lebih dibandingkan kendaraan penumpang. Tak hanya itu, biasanya jarak tempuh kendaraan komersial juga lebih panjang. Yang menjadi pertanyaan, berapa lama idealnya sebuah truk itu layak beroperasi?

Catat! Kendaraan Berat Bakal Dibatasi untuk Melintas saat Nataru

"Bisa ada yang 20-25 tahun. Kami tidak bisa sebutkan, tapi ada yang menggunakan 20-25 tahun. Jadi itu tergantung dari sisi produktivitas. Biasanya kalau maintenance-nya semakin mahal, pemilik sendiri akan menghentikan," kata Senior Executive Officer, Service and Sparepart Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), Irwan Supriyono.

Irwan mengatakan bila biaya maintenance untuk kendaraan akan semakin tinggi dibandingkan dengan nilai kendaraannya, sehingga pemilik akan lebih memilih mengganti kendaraannya. "Karena begini suatu saat akan membutuhkan biaya maintenance tinggi. Jadi maintenance-nya lebih tinggi daripada dari nilai kendaraannya. Kalau masuk servis pernah ada umur 20 tahun," ujarnya

Polisi Gandeng Tim TAA Usut Penyebab Kecelakaan Kereta vs Truk di Semarang

Terkait penyediaan suku cadang, Irwan mengatakan bila Hino memiliki kewajiban untuk tetap menyediakan dengan batas waktu 10 tahun setelah discontinue. "Kami berkewajiban mensuplai spare part itu, selama 10 tahun setelah model itu diputus," kata Irwan. (one)

Tol Cikupa Tangerang-Merak

Truk Besar Dilarang Melintas Tol Tangerang Merak saat Libur Tahun Baru 2024

Memasuki libur tahun baru 2024, kendaraan besar atau truk bakal dilarang melinta tol Tangerang merak.

img_title
VIVA.co.id
27 Desember 2023