Hyundai Enggan Hadirkan Pesaing Avanza, Ini Alasannya

Hyundai i20
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto Sudibyo

VIVA.co.id – Jajaran produk yang dimiliki PT Hyundai Mobil Indonesia didominasi model Sport Utility Vehicle atau SUV dan hatchback. 

Ada yang Aneh saat 3 Mobil Kijang Innova Tabrakan Beruntun

Sementara, mobil terlaris di Tanah Air masih didominasi oleh model Mutli Purpose Vehicle atau MPV. Salah satu contohnya yakni Toyota Avanza.

Presiden Direktur HMI, Mukiat Sutikno mengatakan, hal itu diakui membuat Hyundai kesulitan mendapat pangsa pasar yang cukup tinggi.

Muat 7 Penumpang, Mobil Baru Ini Lebih Luas dari Toyota Avanza

"Yang diharapkan dalam waktu tidak terlalu lama ini, tentunya ada suatu produk yang bisa bermain di pangsa pasar cukup gemuk. Ini yang paling utama. Dengan begitu, baru bisa merebut sekitar 15 persen dari total keseluruhan pangsa pasar mobil di Indonesia," ujarnya di showroom Hyundai, Simpruk, Jakarta Selatan.

Selain itu, Hyundai juga kesulitan menentukan harga yang bersaing. Sebab, semua produk mereka kecuali H-1, masih diimpor secara utuh dari Korea Selatan. Otomatis pajak barang mewah akan dibebankan ke harga mobil.

Mengejutkan, Gara-gara Ini Toyota Alphard Tidak Dijual Diler

Meski demikian, Hyundai enggan menurunkan kualitas produk mereka. Pabrikan asal Korea Selatan itu mengklaim lebih mengutamakan kualitas ketimbang harga yang murah.

Menurutnya, Hyundai tidak akan bisa bermain di harga murah atau low price, Karena, Hyundai selalu menjunjung tinggi keselamatan saat berkendara. Salah satunya yakni penggunaan strength steel.

"Kadang-kadang, beberapa negara enggak diperlukan. Tapi dari pihak Hyundai, mereka enggak akan mengganti hal tersebut, karena safety," ujarnya menjelaskan. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya