Arab Saudi Banyak Impor Mobil dari Indonesia

Kendaraan Toyota yang akan diekspor ke luar negeri.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Yosep Mali

VIVA.co.id – Kedatangan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulazis Al Saud, ke Indonesia sejak beberapa hari lalu, diharapkan bisa memperat hubungan dalam bidang bisnis otomotif. Ini lantaran Arab Saudi menjadi negara tujuan ekspor dari mobil yang diproduksi di Indonesia.

Volume Ekspor Tinggi, Suzuki Diberi Kemudahan oleh Bea Cukai Indonesia

Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Bob Azam  mengatakan, Timur Tengah menjadi sasaran ekspor mobil merek Toyota yang diproduksi pabrik di Indonesia.

"Kami berharap hubungan dagang akan semakin erat. Karena, 60-70 persen ekspor kami ke Timur Tengah," ujar Bob di Terminal Tanjung Priok, Jakarta, Rabu 8 Maret 2017.

Mitsubishi Janji Tingkatkan Ekspor Mobil Buatan Indonesia

Arab Saudi mendominasi ekspor kendaraan dari Indonesia. Meski, awalnya tidak mudah meraih pasar di sana, lantaran konsumen di Timur Tengah lebih percaya dengan mobil yang diproduksi di Jepang.

Sementara itu, Direktur Senior TMMIN, Edward Otto Kanter menambahkan, ada sembilan model mobil yang diekspor TMMIN, yakni Innova, Fortuner, Sienta, Yaris, Vios, Avanza, Agya, Rush, dan Town Ace/Lite.

Bukan Esemka, Ini Mobil yang Diekspor dan Bikin Bangga Jokowi

"Kami kan total eskpor ada sembilan model mobil. Ke Timur Tengah tiga model, Vios, Fortuner dan  Innova, Dari 70 persen yang tadi itu (ekspor ke Timur Tengah), 50 persennya Arab Saudi," kata Edward. (mus)

All New Honda BR-V dipamerkan di Medan.

Ekspor All New Honda BR-V Buatan Indonesia Tembus 1.000 Unit

PT Honda Prospect Motor (HPM) sejauh ini sudah 7 negara yang diekspor All New Honda BR-V buatan Indonesia dari 30 negara yang tertarik diekspor juga.

img_title
VIVA.co.id
29 Agustus 2022