Perbaiki Bodi Mobil Penyok Kini Cukup 15 Menit

Reparasi bodi mobil.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Yosep Mali

VIVA.co.id – Memperbaiki bodi mobil yang penyok kini bisa dilakukan dengan cara yang tak biasa, yakni Paintless Dent Removal (PDR). Dengan PDR, bodi mobil akan tampak mulus dan rata sesuai kondisi sebelumnya.

Perbandingan Biaya Ketok Magic dan Bengkel Resmi, Murah Mana

"PDR adalah satu teknik perbaikan penyok di bodi mobil, tanpa ada proses pengecatan. Teknik ini sudah masuk ke Indonesia sejak 1997, dan bengkel PDR ada di Kelapa Gading, Jakarta Utara, dari 2001," kata Manajer Operasional PDR Kelapa Gading, Rina, kepada VIVA.co.id.

Berbeda dengan cara ketok magic biasa, kata Rina, PDR hanya bisa dilakukan pada mobil dengan bodi penyok, tetapi catnya masih utuh atau tidak terjadi goresan dan luka.

Bengkel Ketok Magic Bisa 'Sembuhkan' Bodi dalam Waktu 1 Jam

Jika memperbaiki mobil di bengkel biasa membutuhkan waktu beberapa hari, bengkel PDR hanya butuh waktu beberapa jam.

"Kalau PDR itu kan paintless ya. Kami tidak memperbaiki dengan mengecat. Jika ada cat yang luka atau terkelupas, percuma dikerjakan. Karena, setelah bodi mobilnya mulus dan rata, konsumen harus pergi ke body painting," ujar perempuan yang sudah 16 tahun bergelut di usaha perbaikan bodi mobil tersebut.

Kini di Tebet Ada Bengkel Cat dan Bodi Mobil Mitsubishi

Rina mengatakan, untuk perbaikan satu titik penyok sebesar koin logam hanya diperlukan waktu 15 menit. Sementara itu, jika penyok sudah berdiameter sebesar bola tenis, maka waktunya bisa mencapai satu jam.

"Pengerjaannya lebih kepada soft sampai dengan medium repair. Sekali lagi, dengan kondisi penyok, tetapi tidak ada luka pada warna mobil atau scratch,” tuturnya. (art)

Bengkel perbaikan bodi dan cat Mitsubishi.

Untung Rugi Perbaiki Bodi Mobil di Bengkel Resmi, Wajib Tahu

Tidak semua perbaikan bisa dilakukan.

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2019