JK Singgung Soal Mobil Bisa DP 0 Persen seperti Rumah

Wapres Jusuf Kalla saat membuka IIMS 2017 di JIExpo, Kemayoran.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar GM

VIVA.co.id – Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menyebut pemerintah tak memiliki kewajiban untuk memberikan subsidi terhadap uang muka (down payment/DP) kendaraan bermotor. Berbeda dengan sektor lain yang dianggap lebih menyangkut kesejahteraan rakyat secara langsung, yaitu perumahan.

Daftar Merek Mobil dan Motor yang Ikut IIMS 2021

Ia beralasan, karena kendaraan bermotor tidak dianggap sebagai hal utama yang kebutuhannya harus dipenuhi untuk membuat masyarakat sejahtera.

"Kalau mobil tidak ada yang disubsidi, kalau perumahan beda. Pemerintah ada kewajibannya untuk memenuhi kebutuhan perumahan, akhirnya disubsidi. (Pembelian kendaraan tidak disubsidi) Karena dianggap sudah pure bisnis kalau kendaraan," ujar JK saat menghadiri Indonesia International Motor Show (IIMS), di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis, 27 April 2017.

Konsumen RI Bisa Lihat Pameran Otomotif via Layar, Ini Jadwalnya

JK mengatakan, pemberlakuan keringanan dalam pembayaran DP kendaraan hanya bisa dilakukan jika semisal produsennya memang sedang melakukan promosi. Sementara pemberlakuan keringanan dalam pembayaran DP rumah bisa dilakukan melalui mekanisme subsidi yang diberikan pemerintah, karena alokasi dana subsidinya sudah diperhitungkan dalam anggaran.

JK berpandangan, hal itu adalah penyebab DP rumah bisa ditekan serendah mungkin melalui kebijakan pemerintah. Bahkan, bukan tak mungkin DP bisa menjadi nol persen. Sementara kendaraan, tidak memungkinkan. "Kalau rumah kadang kala pemerintah daerah atau pusat memang ada bagian subisidi uang muka. Akhirnya masyarakat bisa lebih rendah," ujar JK.

Ustaz Abdul Somad Bicara Kredit Mobil di Hadapan Pelawak
Pameran Otomotif IIMS

Besarnya Antusias Pelaku Otomotif untuk IIMS 2022

Beragam Agen Pemegang Merek roda empat dan roda dua, serta aksesoris dan aftermarket berbondong-bondong untuk berpartisipasi di IIMS 2022.

img_title
VIVA.co.id
1 Januari 2022