VIDEO: Daihatsu Ayla Bermesin Turbo, Tenaganya Sadis

Daihatsu Ayla bermesin turbo.
Sumber :
  • Capture Youtube

VIVA.co.id – Daihatsu Ayla dikenal sebagai salah satu kendaraan berbanderol murah yang dijual di Indonesia. Harga murah didapat karena masuk dalam program pemerintah menghadirkan kendaraan irit ramah lingkungan.

Cuma Modal Rp100 Ribu Bisa Dapat Mobil Kustom di Kustomfest 2023

Lantaran berbanderol di kisaran Rp100 jutaan, atau bahkan ada Ayla yang dijual di bawah Rp100 juta, maka fasilitas baik dari fitur, mesin dan tetek bengek lainnya tak selengkap mobil-mobil di atas Low Cost Green Car (LCGC). Alasan ini pula yang membuat sekelompok orang ingin mencoba menambahkan turbo pada mesin Ayla.

Sebuah video dari Motomobi menggambarkan Ayla menjelma jadi bertenaga beringas usai dibenamkan perangkat turbo. Mereka kemudian menamakannya sebagai Daihatsu Ayla Turbo.

Modifikasi Mobil Mulai Digandrungi Kembali di Indonesia

Menurut keterangan yang dikutip dari video berjudul "Daihatsu Ayla Turbo" garapan Motomobi, mereka sengaja menyulap LCGC dengan tambahan turbo untuk bereksperimen apakah dengan biaya yang tak terlalu banyak, sebuah mobil murah dapat menyaingi kendaraan-kendaraan dengan harga berkali-kali lipat di atasnya.

"Fungsi dari turbo sendiri adalah menambah tenaga, dengan tambahan sedikit BBM, tapi tidak terlalu banyak. Dengan turbo, tenaga mobil jadi lebih efisien. Singkatnya mesin turbo membuat napas mobil menjadi lebih panjang," tutur suara pengiring video tersebut.

Insinyur Toyota Bisa Menangis Melihat Avanza Dibuat Seperti Ini

Karena mesin Ayla yang digunakan hanya berkapasitas 1.000cc, maka turbo yang dipilih juga tak besar. Untuk memuluskan rencana memberingaskan si mobil murah, Motomobi juga mengubah bagian knalpot standar dengan pipa dua inci. "Karena knalpot standar tak bagus untuk mesin turbo," katanya.

"Ubahan ini, yakni turbo, intercooler, blow off valve, injektor, instalasi, piggyback, menghabiskan uang tidak lebih dari 30 persen dari harga mobilnya," katanya lagi.

Sektor kaki-kaki Daihatsu Ayla Turbo juga tak luput dari sasaran perubahan. Motomobi mendaulat pelek dengan ring 15 inci dan membuat handling dan grip lebh menggigit. Tetapi masih jauh dari kata stabil. Suspensi sendiri masih standar, karena masih dalam tahap analisis apa shockbreaker yang cocok untuk Ayla dengan mesin turbo dan kaki-kaki 15 inci.

Dalam video juga digambarkan perubahan besar pada tenaganya. Mobil kelir putih yang semua emblemnya dicopot itu lantas diuji drag race, beradu cepat. Seperti apa? Selengkapnya lihat video di bawah ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya