Mobil Ditinggal Mudik Lama, Lakukan Cara Ini Biar Awet

Mobil yang terparkir di dalam garasi.
Sumber :
  • Bimmerforums

VIVA.co.id – Memasuki musim mudik lebaran, sebagian orang lebih memilih menggunakan transportasi umum untuk pulang kampung halaman. Alasannya, tak mau repot kelelahan mengendarai mobil apalagi bila jaraknya cukup jauh.

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Bagi pemilik mobil yang meninggalkan kendaraannya dalam waktu lama saat mudik, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum berangkat menuju kampung halaman.

"Manual maupun matik, perlu diperhatikan saat mobil ditinggal mudik. Karena beda ngerawatnya," kata Service Manager Daihatsu Pangeran Jayakarta, Dolf Valentino di Jakarta, Jumat 23 Juni 2017.

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Untuk mobil manual, jika kendaraan ditinggal mudik dalam jangka waktu yang lama, pemilik disarankan melepas kabel negatif aki. Tujuannya agar aki tidak soak saat kembali digunakan.

"Buat matik, saran saya jangan copot baterai karena bisa merusak sistem komputer yang ada di mobil. Bisa jadi masalah nanti," ujarnya.

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

Sementara, untuk mobil manual maupun yang bertransmisi otomatis disarankan tak mengaktifkan rem tangan atau yang biasa disebut rem parkir. Rem tangan jika tidak digunakan dalam waktu lama, lama kelamaan akan lengket.

"Kalau lengket, rem tangan jadi macet enggak bisa dioperasikan. Jadi mendingan diganjel ban, repot kalau yang punya garasi model turunan. Tapi kalau bisa jangan aktifkan rem tangan kalau ditinggal mudik," tutur dia.

Untuk mobil matik, juga disarankan pakai fitur shift lock untuk memindahkan posisi dari P ke N. Sedangkan yang manual, transmisi berada di posisi Netral. "Memang penanganannya begitu," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya