Daihatsu Serius Garap Mobil Murah Rp70 Jutaan

Daihatsu Move Custom.
Sumber :
  • Indianautosblog

VIVA.co.id – Toyota belakangan telah mengakuisisi Daihatsu secara penuh. Artinya Daihatsu kini merupakan bagian dari unit bisnis yang dikontrol Toyota. Usai dicaplok sepenuhnya oleh Toyota, kini Daihatsu ditugaskan untuk merobohkan pasar Suzuki dan Hyundai di India yang menghegemoni penjualan mobil-mobil di segmen entry level.

Daftar Mobil Murah di IIMS 2024, Harga Rp100 Jutaan

Meski belum mengumumkan produk-produk apa yang akan dibawa Daihatsu ke India, namun sebuah laporan dari Businessworld menyebutkan jika mereka telah mendekati vendor suku cadang Datsun. Daihatsu bahkan dikatakan sangat serius dan bersemangat melihat potensi pasar India. Demikian dilansir Indianautosblog, Selasa 4 Juli 2017.

Menurut keterangan seorang eksekutif sebuah perusahaan komponen mobil yang memasok ke Datsun India dan Indonesia, Daihatsu mendekati perusahaan tersebut untuk melakukan kolaborasi untuk lini produknya. Sumber tersebut mengatakan, bahwa produsen mobil Jepang tersebut berencana untuk mengembangkan mobil yang berada di bawah Toyota Etios dan menjualnya dengan harga murah. 

Segini Harga Seken Mobil Termurah di Indonesia

"Ini akan membawa mereka (Daihatsu) sekitar dua sampai tiga tahun menjualnya di pasar domestik," tambah sumber tersebut.

Sementara itu Senior Vice President and Director Sales Marketing Toyota Kirloskar N. Raja mengatakan, pihaknya bersama Daihatsu memang sudah melakukan pembicaraan lanjutan mengenai calon mobil murah mereka yang akan menyasar negara-negara berkembang termasuk India. Meski demikian, Raja menyatakan bahwa Toyota dan Daihatsu belum sampai pada tahap keputusan, termasuk mengenai produk tersebut.

Terpopuler Otomotif: Honda PCX 160 Terbaru Hadir di RI, Mobil Murah dan Irit BBM Terlaris

Daihatsu direncanakan dapat membuat jalur produksi India di pabrik Bidadi, dekat Bangalore. Mobil ini diperkirakan akan debut di Auto Expo 2020 mendatang dengan rentang harga 3,4 lakh sampai 4,5 lakh atau setara Rp70 jutaan sampai Rp92 jutaan untuk bersaing dengan Suzuki Alto, Renault Kwid dan Hyundai Eon.

MG2 Render

Persaingan Mobil Listrik Murah Diprediksi Memanas, MG Siap Ikut

Pada 2025 mendatang, persaingan di segmen mobil listrik murah diprediksi bakal memanas. Pasalnya, Morris Garage (MG) disebut siap menghadirkan produk baru.

img_title
VIVA.co.id
12 Maret 2024