Truk Listrik Vs Truk Diesel, Mana Lebih Jago?

Truk berbahan bakar hidrogen.
Sumber :
  • Trucks

VIVA.co.id – Pada April 2017 lalu, Toyota mengenalkan proyek terbaru mereka yang mendukung pengurangan emisi karbon, yakni truk bertenaga listrik.

Bukan Cuma Mobil Baru, Ini Strategi Wuling Layani Konsumen di RI

Berbeda dari kendaraan listrik pada umumnya, truk ini tidak menggunakan listrik dari rumah sebagai sumbernya, melainkan hidrogen yang diubah menjadi energi listrik.

Meski baru berupa purwarupa, namun truk hibrida ini diklaim jauh lebih efisien dibandingkan truk yang menggunakan solar sebagai bahan bakar mesinnya.

Selain Punya Perintah Suara, Mobil Wuling Bakal Lebih Canggih

Mungkin Anda bertanya-tanya, apakah mesin hibrida berteknologi hidrogen bisa mengalahkan truk berbahan bakar solar dalam hal performa?

Dalam video yang diunggah Toyota, terlihat ada dua truk yang identik, satu bermesin hibrida dan satu lagi bermesin diesel. Kedua truk diuji menempuh jarak tertentu, dan dicatat waktu tempuhnya.

Di Mobil Masa Depan, Sandaran Tangan Bisa Jadi Layar Sentuh

Hasilnya, truk bermesin diesel butuh waktu lebih lama untuk berakselerasi, dibandingkan dengan truk yang memakai energi hidrogen. Padahal, mesin diesel digadang-gadang menjadi mesin terbaik dalam hal torsi.

Namun, motor listrik sebagai penggerak kendaraan ternyata jauh lebih bertenaga torsinya. Hal ini tidak hanya terbukti di truk saja, namun juga beberapa mobil dan motor listrik yang sudah dipasarkan di dunia.

Akselerasi kendaraan listrik sangat cepat, bahkan bisa membuat kepala pengendara tersentak ke belakang.

Keuntungan lain menggunakan motor listrik pada truk adalah hanya dibutuhkan satu gigi transmisi saja. Sementara, truk bermesin diesel bisa memakai transmisi dengan jumlah gigi lebih dari 18.

Anda dapat melihat videonya di bawah atau klik tautan ini:

Laporan Sheila Dwi Andani/Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya